Beasiswa LPDP 2023 Batch 2 dibuka besok! Ada yang baru?

Tepat tanggal 9 Juni 2023 besok, Beasiswa LPDP 2023 Batch 2 akan dibuka! Informasi penting apa saja yang patut dicermati terkait dengan pendaftaran batch kedua ini? Yuk kita bahas!

Waktu Pendaftaran 1 bulan

Sama seperti pendaftaran batch pertama yang dibuka selama 1 bulan dari tanggal 25 Januari hingga 25 Februari, pada batch kedua ini pendaftaran juga akan dibuka selama 1 bulan saja, mulai dari tanggal 9 Juni 2023 besok, hingga ditutup pada 9 Juli 2023.

Karena jadwal pendaftaran yang hanya satu bulan dengan menggunakan sistem online, maka pastikan semua persyaratan pendaftaran sudah benar-benar disiapkan sebelum melakukan proses pendaftaran, sehingga proses mendaftar dan mengunggah dokumen bisa dilakukan dengan lancar.

Jenis Beasiswa yang Dibuka

Sama seperti batch sebelumnya, LPDP membuka pendaftaran untuk 3 kategori beasiswanya, yaitu beasiswa umum yang terdiri dari Beasiswa Reguler, Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia, Beasiswa Parsial; Beasiswa Afirmasi termasuk beasiswa Penyandang Disabilitas, Putra-putri Papua, Daerah Afirmasi, dan Beasiswa Prasejahtera.

Dan, tidak ketinggalan beasiswa targeted, termasuk Beasiswa PNS, TNI, POLRI, Kewirausahaan, Pendidikan Kader Ulama, dan juga Beasiswa Dokter Spesialis dan Subspesialis atau Fellowship, yang akan kembali dibuka pada batch kedua ini.

Ada yang berubah?

Ada beberapa hal yang kemungkinan akan berbeda dengan pendaftaran pada batch sebelumnya, terutama pada beasiswa Dokter Spesialis dan Subspesialis atau Fellowship yang sedang mengalami pembenahan ini.

Beasiswa Spesialis dan Subspesialis: daftar beasiswa dulu baru spesialis

Jika pada batch pertama dan pada seleksi tahun 2022 ada pengecualian untuk beberapa dokter yang sudah terlanjur diterima pada prodi spesialisasi tertentu, untuk batch kali ini, tidak ada pengecualian terhadap para pendaftar.

Baca juga  Bedanya S1/ S2/ S3: buat kamu para dokter baru!

Bagi calon awardee yang mendaftar pada batch kali ini, maka mereka harus siap untuk memulai perkuliahan paling cepat pada bulan Januari 2024.

Hal ini menyebabkan para pendaftar beasiswa ini harus mendaftar beasiswa terlebih dahulu sebelum bisa mendaftar pada center PPDS tujuan mereka yang memulai perkuliahan setidaknya pada bulan Januari 2024.

Surat keterangan dan surat pernyataan: harus terbit di tahun pendaftaran

Buat teman-teman yang surat rekomendasi dan surat keterangannya dipakai untuk pendaftaran batch pertama bulan Januari-Februari yang lalu, besar kemungkinan surat tersebut diterbitkan pada tahun 2022.

Nah, untuk pendaftaran pada batch kedua ini, teman-teman harus memperbaharui surat rekomendasi dan surat keterangan tersebut agar diterbitkan pada tahun 2023 ini. Sebab, surat yang diterbitkan pada tahun 2022 sudah tidak lagi bisa dipakai pada pendaftaran kali ini.

Prodi PPDS yang lebih luas

Untuk batch kedua ini, prodi PPDS yang diterima lebih luas, tidak hanya mencakup prioritas Kementrian Kesehatan (Kemenkes) yaitu Kanker, Jantung, Stroke, dan Urologi-nefrologi saja.

Prodi minor yang relatif baru seperti andrologi, kedokteran olahraga, kedokteran okupasi, juga masuk ke dalam list program studi yang dibiayai LPDP.

Sejauh ini hanya dua program studi yang tidak masuk dalam beasiswa LPDP 2023 batch 2 ini, yaitu akupuntur klinik dan kedokteran keluarga dan layanan primer (KKLP)

Nah, kalau kamu, sudah siap mendaftar belum?

Leave a Reply

%d bloggers like this: