PPDS Radiologi di UPN Veteran Jakarta: yang baru di kancah per-PPDS-an

PPDS Radiologi UPN Veteran

Setelah sebelumnya Universitas Pelita Harapan (UPH) membuka PPDS prodi Radiologi pada tahun 2022, kini saatnya UPN Veteran Jakarta membuka prodi yang sama. Jadi, seperti apa PPDS Radiologi di UPN Veteran Jakarta?

Semester Genap 2023 menjadi angkatan pertama PPDS Radiologi di UPN Veteran Jakarta

Menurut informasi yang dirilis oleh UPN Veteran Jakarta melalui laman pendaftaran mereka, pendaftaran PPDS Radiologi yang pertama akan dibuka secara online mulai tanggal 2-30 Mei 2023 mendatang dengan daya tampung sebanyak 4 orang saja.

Prosedur pendaftaran dilakukan secara online dengan tahapan yang hampir sama dengan seleksi PPDS di center lain, yaitu melalui seleksi tahap administrasi, seleksi substansif yang meliputi tes MMPI dan tes pengetahuan kedokteran umum (radiologi) dan tahap seleksi wawancara.

Persyaratan untuk mendaftar prodi ini juga hampir sama dengan center lain, mulai dari surat permohonan hingga surat rekomendasi, sertifikat kongres/seminar, dan surat pernyataan kesanggupan membayar biaya seperti yang tertera di laman ini.

Biaya PPDS Radiologi di UPN Veteran Jakarta

Untuk tahap pendaftaran, calon PPDS (CPPDS) dikenakan biaya Rp 750.000,- di UPN Veteran Jakarta. Besaran biaya ini cukup standar jika dibandingkan dengan center lain.

Namun biaya ini diluar biaya TOEFL, TPA, dan pemeriksaan kesehatan, sebab peserta diharapkan sudah membawa sertifikat TOEFL, TPA, dan surat keterangan sehat dari klinik yang ditunjuk sebelum pendaftaran.

Sementara untuk biaya pendidikannya sendiri, UPN Veteran Jakarta menetapkan uang SPP sebesar 12 juta rupiah untuk peserta dari golongan Mandiri, 13 juta rupiah untuk Tugas Belajar (TUBEL), dan 15 juta untuk peserta dari kemitraan.

Baca juga  Update Pendaftaran PPDS Semester Genap 2021

Untuk uang sumbangannya sendiri, menggunakan sistem grading, dimana besaran sumbangan untuk golongan Mandiri adalah sekitar 45-70 juta rupiah, sementara tubel sebesar 50-80 juta rupiah dan kemitraan sebesar 60-90 juta rupiah.

Jika dibandingkan dengan center radiologi lainnya, besaran sumbangan atau SPI ini lebih besar ketimbang rerata center radiologi lainnya. Namun, besar SPP yang dibayarkan per semester bisa dibilang relatif sama dengan center lain seperti UI dan UNPAD.

Proses seleksi yang transparan?

Melalui situs pendaftaran PPDS Radiologi UPN Veteran Jakarta telah menyebutkan secara gamblang tahapan-tahapan seleksi dan apa tujuan akhir dari tahapan seleksi tersebut.

Misalnya pada tahap seleksi kedua, hasil seleksi tersebut nantinya akan menjadi bahan masukan dalam menentukan CPPDS yang masuk ke seleksi tahap 3. Begitu pula dengan seleksi wawancara, sebelumnya sudah disebutkan tim pewawancara yang terdiri dari Kolegium Radiologi Indonesia, Kaprodi, Sesprodi (sekretaris) dan staf pengajar yang dirunjuk oleh Kaprodi.

Durasi wawancaranya pun juga telah ditetapkan sebelumnya, yaitu maksimal 1 jam, dengan materi wawancara yang telah dijelaskan juga sebelumnya, yaitu terkait perilaku profesional, motivasi, komunikasi, kesanggupan pembiayaan, hingga kemampuan penelitian.

Untuk memperjelas proses penilaian para CPPDS, UPN Veteran Jakarta sudah terlebih dulu menyampaikan poin penilaian dan bobotnya yang akan digunakan dalam seleksi. Mulai dari aspek nilai TOEFL sampai beasiswa. Sehingga jelas proses penilaian dan penerimaannya

Bagaimana dengan PPDS Radiologi di UPH?

Setelah membuka angkatan pertama PPDS Radiologi UPH pada bulan Januari tahun lalu, UPH direncanakan akan kembali membuka pendaftaran pada tengah tahun 2023 ini untuk pendidikan mulai bulan Agustus 2023, berdasarkan informasi yang didapatkan dari kontak person UPH. Meskipun informasi tersebut masih bersifat tentatif, kemungkinan proses pendaftaran akan berlangsung pada bulan Mei-Juni 2023.

Baca juga  Rekrutmen Tenaga Kesehatan Penugasan Khusus Kemenkes: NS "baru" tahun 2023?

Untuk angkatan kedua ini, UPH masih akan menetapkan biaya per semester sebesar 12,5 juta selama 7 semester dengan uang pangkal sebesar 12,5 juta. Tidak mahal, bukan?

Kesimpulan

Untuk teman sejawat yang memiliki minat di bidang radiologi, dua center PPDS Radiologi baru seperti UPN Veteran Jakarta dan UPH bisa menjadi pilihan. Yang jelas, sama seperti pendaftaran di center lain, CPPDS harus menyiapkan syarat administratif, ujian, hingga pembiayaan yang memadai.

Leave a Reply

%d bloggers like this: