PPDS: Butuh biaya berapa?

Jawabannya: TERGANTUNG

Tergantung centernya, tergantung prodi-nya, dan tergantung berapa lama durasi studinya. Selain itu, tergantung juga tempatnya, apakah kita perlu pindah domisili atau ngga, tanggungan keluarga dan sebagainya. Tapi, tahu ngga sih kira-kiranya berapa? Pernah ngga membandingkan antar prodi atau membandingkan antar center?

Nah, sekarang tim #maujadiapanih mau ngasih gambaran ‘sekilas’ biaya PPDS untuk berbagai prodi di berbagai center. Semuanya sudah kami ringkas menjadi satu tabel yang cukup kompleks, tapi harapannya bisa membantu teman-teman untuk mempersiapkan keperluan finansial. Semua informasi ini, tim #maujadiapanih himpun dari berbagai website dan pengumuman resmi dari tiap center per tengah tahun 2020 lalu (sumbernya sudah pernah kami tampilkan disini). Mau lihat? Yuk cek tabel berikut ini:


Gimana? Kelihatan ngga mana yang cocok di kantong?

Sejauh mata memandang, hanya UGM dan UNUD yang menggunakan sistem UKT atau Uang Kuliah Tunggal, sementara USU juga memiliki sistem sejenis yang dinamakan DKA. Untuk center lain, masih memiliki biaya sumbangan pendidikan dan sumbangan lain yang terpisah. Untuk UB, uang sumbangannya tidak bulat angkanya (makanya ada tanda plus). Sayangnya, tim masih belum bisa menghimpun keseluruhan center, karena beberapa center informasinya semi tertutup dan cenderung sulit diakses. Kalo temen-temen punya infonya, silahkan kontak admin langsung ya! Sharing is caring!


Update terbaru khusus untuk PPDS UNSRAT!


Berikut ada tambahan update juga dari TS di UNS dan UNUD. Silahkan disimak!

Trus bagian berikutnya, berapa lama studi ya masing-masing? Lain kali kita akan bahas ini juga. Jadi, stay tune!

Baca juga  #maujadippds: Bedah SARAF! One of the favorite!

1 thought on “PPDS: Butuh biaya berapa?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: