Terbaru: Prodi PPDS Radiologi UPH! Lebih murah?

PPDS Radiologi UPH

Sekarang, tidak hanya perguruan tinggi negeri (PTN) saja yang bisa memiliki program PPDS. Kini, telah dibuka prodi PPDS Radiologi UPH atau Universitas Pelita Harapan yang merupakan perguruan tinggi swasta (PTS) pertama yang menyelenggarakan program PPDS!

Dilansir dari laman website UPH, kini UPH sudah membuka pendaftaran untuk prodi PPDS Radiologi mulai dari tanggal 12-15 Januari 2022 untuk angkatan pertama mereka.

Persyaratan Pendaftaran PPDS Radiologi UPH

Berdasarkan informasi resmi yang dirilis dari contact person UPH, persyaratan pendaftarannya antara lain usia maksimal 37 tahun, memiliki ijazah S.Ked, memiliki surat persetujuan atasan bagi pegawai negeri dan ABRI.

Beberapa dokumen yang dibutuhkan antara lain CV dan pasfoto, ijazah dokter dan transkrip, tanda lulus UKMPPD, surat selesai internship, hasil lab (hematologi, SGOT, SGPT, ureum, creatinin, gula darah), tes buta warna, foto toraks, hasil tes MMPI, dan rekomendasi dari daerah (jika ada).

Pendaftaran juga dapat dilakukan secara manual dengan mengirimkkan dokumen persyaratan tersebut melalui email dengan mencantumkan nama lengkap, asal instansi, dan nomor yang dapat dihubungi.

Ujian Penerimaan

Untuk para peserta yang lolos pendaftaran maka akan dilakukan Ujian Saringan seperti tes TOEFL, tes akademik, dan tes wawancara yang akan dilakukan dengan pihak Fakultas Kedokteran.

Durasi pendidikan prodi PPDS Radiologi UPH ini adalah 3,5 tahun atau 7 semester. Dengan maksimal perpanjangan hingga 12 semester. Apabila peserta didik tidak bisa menyelesaikan masa pendidikannya hingga 12 semester, maka peserta didik akan drop out dari program pendidikan.

Biaya Pendidikan

Untuk pendaftaran, biaya admission fee nya adalah 12,5 rupiah. Sementara biaya yang harus dikeluarkan per semester sebesar 12,5 juta rupiah. Jika diestimasikan, total biaya yang diperlukan kurang lebih 100 juta rupiah jika peserta didik lulus tepat waktu (3,5 tahun/7 semester).

Baca juga  Ingin jadi PPDS IKFR? Mulailah persiapan berikut ini!

Hingga saat ini masih belum dikonfirmasikan apakah ada uang sumbangan pendidikan yang di bayarkan di muka atau tidak.

Jika melihat rata-rata biaya yang diperlukan untuk menjalani PPDS Radiologi di berbagai perguruan tinggi di Indonesia, maka biaya pendidikan PPDS Radiologi UPH ini tergolong tidak mahal. Rerata SPP PPDS Radiologi di center di pulau Jawa adalah sebesar 12,9 juta (data tahun 2020) (baca di sini).

Cara baca: yang dibayar tiap semester (dibayar 1x diawal). Sumber informasi klik di sini.

Apalagi, jika di PPDS prodi ini benar-benar tidak dibebani uang sumbangan, maka center UPH menjadi center PPDS Radiologi termurah saat ini.

Meskipun masih belum banyak informasi beredar, dan beberapa berita yang simpang siur terkait dengan polemik pembukaan prodi PPDS baru di PTS, namun pendaftaran peserta didiknya nampaknya akan terus berjalan hingga ada update berita terbaru.

Jadi, siapa yang tertarik menjadi angkatan pertama?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: