Pembukaan Fakultas Kedokteran Baru di Indonesia: Apa Keunggulannya?

Tahun ini, banyak bermunculan lowongan formasi dosen untuk beberapa fakultas kedokteran baru di Indonesia. Artinya, dalam waktu dekat akan lebih banyak fakultas kedokteran yang dibuka.

Selain untuk memenuhi kebutuhan dokter yang masih kurang berdasarkan data Kemenkes, ternyata, masing-masing dari Fakultas Kedokteran itu menyodorkan keunggulan yang akan membedakannya dengan fakultas kedokteran lain. Apa saja itu?

Program Studi Pendidikan Dokter Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

Institut teknologi yang terletak di timur pulau Jawa, di kota Surabaya ini, merupakan salah satu institut teknologi ternama di Indonesia. Pendiri dan rektor pertama di ITS ini ternyata adalah seorang dokter, dr. Angka Nitisastro.

Dari semangat dr. Nitisastro inilah kemudian tercetus cita-cita untuk memajukan kualitas hidup manusia dan perkembangan peradaban melalui pengembangan sains, teknologi, dan inovasi, yang kemudian mendorong ITS untuk turut andil di bidang kesehatan.

Dewasa ini, ITS tidak hanya berfokus pada teknologi murni saja, tetapi juga di bidang kesehatan. ITS memiliki beberapa program studi berkaitan dengan bidang kesehatan, seperti Program Studi Teknik Biomedis, dan Program Studi Teknik Kedokteran yang baru saja dibuka pada tahun ajaran 2022/2023 ini.

Per tanggal 14 November 2022 ini, ITS secara resmi membuka lowongan formasi dosen dan laboran yang akan menjadi pioneer bagi program studi pendidikan dokter yang akan dibuka nanti.

Program studi Pendidikan Dokter di ITS nantinya bertujuan untuk mendidik dokter yang berkompetensi unggul dan mampu menjawab tantangan zaman, termasuk mampu memaksimalkan potensi Indonesia di bidang kesehatan serta mampu mengintegrasikan ilmu kedokteran dan teknologi.

Seperti dilansir dari laman Jawapos.com, Rektor ITS Prof Mochamad Ashari mengatakan bahwa yang membedakan FK ITS adalah para dokternya yang nanti akan memiliki literasi teknologi yang baik.

Baca juga  Pra Muktamar IDI XXXI Seri 2: Tantangan dalam Pendidikan Kedokteran

Jika selama ini ITS berkolaborasi dengan FK UNAIR untuk inovasi teknologi kesehatan, kedepannya ITS dapat membangun inovasi kesehatan secara mandiri.

Bagi teman sejawat yang tertarik bergabung dengan Prodi Pendidikan Dokter ITS, silahkan mendaftar melalui link ini.

Fakultas Kedokteran Institut Pertanian Bogor (IPB) University

Sebelum ITS, IPB University sudah lebih dulu mempersiapkan pembukaan Fakultas Kedokterannya. Sejak bulan April 2022, IPB University sudah membuka lowongan dosen untuk fakultas terbarunya tersebut.

Universitas yang dikenal dengan jurusan agromaritim-nya ini kemudian memperluas cakupannya ke ranah kesehatan, “agromaritim tidak hanya bicara pertanian, tidak hanya bicara energi, tidak hanya bicara biomaterial, tetapi juga kesehatan,” jelas Prof. Dr. Arif Satria, S.P., M.Si melalui kanal YouTube IPB TV.

Prof. Arif menyebutkan bahwa saat ini agromaritim sangat erat hubungannya dengan kesehatan, karena banyak kekayaan hayati, mulai dari tumbuhan hingga hasil laut yang sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk kesehatan dan pengobatan, ketimbang harus bergantung dari impor obat-obatan.

Selain itu, pandemi COVID-19 juga menyadarkan masyarakat bahwa sebenarnya banyak penyakit, termasuk COVID-19, bersumber dari hewan.

Dengan pembukaan fakultas kesehatan di IPB, harapannya dokter lulusan IPB University nantinya akan memahami konsep one health, di mana kesehatan itu adalah satu, terintegrasi antara manusia, hewan, makhluk hidup lainnya, dan lingkungan.

Apalagi, IPB University sudah lebih dulu memiliki fakultas seperti Fakultas Kedokteran Hewan, Program studi Gizi, Biologi, Kimia, disamping berbagai inovasi dari IPB University yang erat kaitannya dengan dunia biomedis.

Salah satu keunggulan yang ditawarkan di FK IPB University ini adalah ilmu kedokteran dengan pendekatan agromaritim, atau yang disebut agromaritime biomedicine. Pendekatan ini akan dilakukan melalui kegiatan pendidikan, riset, dan inovasi.

Baca juga  Update dari Beasiswa LPDP 2021! Kamu sudah siap?

Terkait inovasi, IPB University saat ini sudah memiliki banyak inovasi terkait biomedis, seperti stem cell, kit antibody dan PCR, dan lainnya. Hal ini akan turut mendorong kiprah IPB University di bidang kesehatan.

Fakultas Kedokteran Baru Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Jawa Timur

Fakultas kedokteran di lingkungan UPN Veteran bukan hal yang baru, sebab UPN Veteran Jakarta sudah lama memiliki FK-nya sejak tahun 1993. Kini, UPN Jawa Timur juga membuka lowongan untuk dosen FK yang rencananya akan segera didirikan.

Kampus yang memiliki motto “bela negara” ini memiliki fokus tersendiri untuk fakultas kedokteran yang akan didirikan nanti.

Mengutip pernyataan Prof. Dr. Ir. Akhmad Fauzi, MMT, rektor UPN Veteran Jatim, dalam penyambutan kunjungan Ketua DPD RI LaNyalla Mahmud Mattalitti di lingkungan UPN, Prof Akhmad Fauzi menyatakan bahwa dokter lulusan UPN Veteran nantinya bukan hanya pintar, tapi memiliki rasa nasionalisme dan patriotisme yang tinggi, sejalan dengan motto dan visi-misi UPN Veteran.

Selain memiliki akreditasi perguruan tinggi yang baik, pembukaan FK UPN Veteran Jatim ini juga sudah mendapat dukungan dari Ketua DPD RI LaNyalla Mahmud Mattalitti.

Sama halnya dengan Prodi Pendidikan Dokter ITS, FK UPN Veteran Jatim masih dalam proses pendirian, dimulai dari rekrutmen tenaga pendidik (ada di link ini)

Seperti apa kiprahnya nanti, mari kita tunggu berita selanjutnya.

Bagaimana pendapat teman-teman?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: