Beasiswa PPDS dari Perseorangan? Beneran nih?

Melalui media sosial Twitter, muncul sebuah kabar tentang adanya sebuah beasiswa PPDS dari perseorangan yang diusung oleh seseorang dermawan. Benarkah?

Beasiswa PPDS dari Perseorangan

Kabar tersebut ditemukan oleh tim jadidokter.com melalui sebuah akun Twitter @BaseAnakFK yang di post pada hari Selasa 27 September 2022 lalu.

Akun tersebut menyebutkan bahwa untuk dokter yang sudah lulus dan bekerja, ada beasiswa yang memberikan biaya pendidikan full dan biaya hidup. Informasi lengkapnya dijabarkan melalui sebuah website dengan alamat beasiswaspesialis.org.

Beasiswa PPDS dari Aulia Rahman: Siapa?

Dalam website beasiswa tersebut, disebutkan bahwa website dan beasiswa-nya dikelola oleh seorang bernama Aulia Rahman.

Aulia Rahman juga menjabarkan alasannya memberikan beasiswa karena dirinya yang pernah menikmati keberuntungan sebagai penerima beasiswa dan ingin memberikan keberuntungan yang sama kepada orang lain.

Selain itu, Aulia Rahman juga menjelaskan bahwa dirinya bukanlah seorang dokter, tapi beliau melihat kesempatan menjadi dokter spesialis sebagai kesempatan yang luar biasa dan nantinya akan bermanfaat untuk banyak pihak.

Namun, tidak ada informasi yang lebih mendetail tentang Aulia Rahman. Tidak ada informasi apakah beliau seorang entrepreneur, seorang akademisi, politisi, atau seorang figur publik.

Beasiswa PPDS-nya Seperti apa?

Seperti yang telah dipaparkan dalam website beasiswaspesialis.org, beasiswa ini memiliki kuota hanya satu orang saja, namun besaran beasiswa meng-cover biaya UKT dan biaya hidup UMR.

Untuk pilihan prodinya hanya bisa untuk Obstetri&Ginekologi, Ilmu Kesehatan Anak, Bedah Anak, dan ilmu Bedah. Sedangkan pilihan Universitasnya hanya di Universitas Gadjah Mada.

Baca juga  Penerimaan PPDS UI 2022/2023 Semester Gasal

Tidak disebutkan mengapa hanya prodi dan universitas tersebut, sementara masih banyak universitas dan prodi lain yang tidak kalah penting.

Bagaimana persyaratannya?

Persyaratannya terbilang cukup simpel untuk sebuah beasiswa bernilai tinggi, karena tidak mempersyaratkan usia, minimal IPK dan tidak harus punya Letter of Acceptance (LoA). Hanya mempersyaratkan kewarganegaraan Indonesia saja.

Dalam persyaratan dokumen-nya juga hanya memerlukan Essay tentang “Mengapa Anda Harus Terpilih” dan juga CV.

Bagaimana dengan tahap pendaftarannya?

Pendaftaran ini dibuka mulai dari tanggal 27 September 2022 hingga 27 November 2022, dan pendaftaran dapat ditutup sebelum waktunya jika kuota terpenuhi.

Bagi yang mendaftar, selain mengisi form dan melengkapi dokumen, peserta juga akan melalui proses wawancara, sebelum dinyatakan lulus.

Penentuan kelulusan berdasarkan dengan kelengkapan syarat administrasi dan jawaban yang diberikan ketika wawancara, seperti dikutip dalam website beasiswa tersebut.

Apakah beasiswa ini nyata?

Saat ini tim kami sedang melakukan penelusuran terkait identitas donor beasiswa bernama Aulia Rahman ini. Dari penelusuran website-nya, kami belum menemukan data-data yang bisa dipegang.

Kami juga telah melakukan kontak terhadap pemberi beasiswa tersebut melalui kontak yang diberikan dalam website, namun belum ada tanggapan hingga diluncurkannya artikel ini.

Meskipun beasiswa ini terlihat menggiurkan, tapi kita harus tetap skeptis dan berhati-hati. Sebelum terjun ke dalam beasiswa ini, ada baiknya untuk mencari informasi yang reliable sebanyak-banyaknya tentang pemberi beasiswa dan visi serta misi ke depannya.

Kalau ada diantara teman sejawat yang bisa menambahkan informasi terkait beasiswa dan pemberi beasiswa ini, silahkan dapat sharing di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: