Mengenal beasiswaspesialis.org dan sosok Aulia Rahman

Setelah sebelumnya muncul sebuah “beasiswa PPDS perorangan” yang dipromotori oleh seseorang bernama Aulia Rahman, kini kita akan membahas lebih dalam tentang apa dan siapa beasiswa bertajuk beasiswaspesialis.org tersebut.

Siapa Aulia Rahman?

Melalui sebuah wawancara singkat melalui e-mail yang kami layangkan melalui kontak beasiswaspesialis.org, akhirnya tim jadidokter.com/maujadiapanih mendapat informasi terkait sosok Aulia Rahman di balik beasiswaspesialis.org tersebut. 

Aulia Rahman merupakan seorang software engineer yang memiliki pengalaman bekerja di beberapa perusahaan multinasional di Indonesia.

Seperti yang dijelaskan dalam laman beasiswaspesialis.org, dirinya merupakan seorang penerima beasiswa penuh yang mencakup biaya kuliah dan biaya hidup dari salah satu perusahaan migas terkemuka pada salah satu perguruan tinggi negeri di jakarta

Hal tersebut juga yang mendasari pilihannya untuk mendirikan proyek beasiswa ini. Karena pengalamannya mendapat beasiswa ketika kuliah dan ketika pelatihan sebelum bekerja membuatnya ingin menjadi “tangan di atas” selepas merasakan rasanya menjadi “tangan di bawah”

Apalagi dirinya tertarik dengan profesi dokter yang butuh waktu pendidikan yang lama, biaya yang tinggi, yang tidak semua kalangan bisa menggapainya.

Apa Tujuan dari beasiswa ini?

Menurut Aulia Rahman, program yang dicanangkannya ini murni merupakan panggilan hati, tanpa ikatan dinas, dan tanpa imbal balik apapun. Sebab dirinya mengaku tidak mencari atensi siapapun.

Tidak ada ikatan kerja pasca pendidikan atau ikatan lainnya. Hanya, dirinya berharap semoga kedepannya hanyalah estafet beasiswa ini dapat berlanjut.

Hanya 1 orang, center UGM, di 4 prodi khusus

Dalam program beasiswa yang dicanangkannya, Aulia Rahman hanya akan membiayai 1 orang yang memilih 4 prodi khusus yang berada di center UGM.

Baca juga  Kenali Program Pendayagunaan Dokter Spesialis (PGDS) dari Kemenkes

Aulia Rahman mengungkapkan alasan pemilihan kriteria ini adalah karena dirinya memiliki kedekatan secara lokasi dengan UGM. Selain itu, 4 prodi yang masuk dalam skema pembiayaan dipilihnya berdasarkan bidang yang diprioritaskan oleh beasiswa lain seperti LPDP, dan dengan pertimbangan pribadi.

Namun, karena keterbatasan biaya yang dikeluarkannya dari dana pribadi, maka hanya akan ada 1 orang yang akan diterima dan dibiayai. Biaya yang akan di-cover meliputi UKT dan biaya hidup sesuai UMR kota Yogyakarta. 

Apa saja karakteristik yang dicari dari calon penerima beasiswa?

Menurut Aulia Rahman, karakter yang paling utama adalah passionate. Sebab menurutnya, menjalani pendidikan bertahun-tahun itu tidak mudah. Selain itu, dirinya berharap seorang dijter tidak hanya passionate terhadap keilmuan, tapi juga nilai dasar seorang dokter untuk tidak fokus pada tujuan diri sendiri saja, tapi juga kemaslahatan banyak orang.

Hal ini lah yang akan menjadi poin yang sangat dinilai. 

Program yang berjalan, akan menjadi bukti

Meskipun banyak orang merasa skeptis dengan program yang dicanangkannya ini, namun menurut Aulia Rahman, hal ini hanya bisa dijawab dengan pembuktian dengan dijalankannya programnya.

Baginya, ia tidak terlalu berharap banyak orang percaya, selama ada satu orang tepat yang dapat menjadi penerima beasiswa sehingga program ini bisa berjalan. 

Hingga saat ini, ada beberapa pendaftar yang sudah masuk ke dalam seleksi meskipun pendaftaran baru berjalan 3 hari (sejak 27 September 2022). Pendaftaran ini akan terus dibuka hingga Januari 2023.

Ada yang tertarik untuk mendaftar?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: