Beasiswa Australia Awards 2022 Sudah Dibuka!

Australia Awards 2022

Ternyata, nggak cuma LPDP saja yang membuka pendaftarannya. Beasiswa nomer wahid dari negeri kangguru ini sudah dibuka! Apa saja yang perlu diketahui tentang Australia Awards 2022?

Pendaftaran Australia Awards 2022

Pendaftaran beasiswa Australia Awards 2022 ini sudah dibuka sejak tanggal 1 Februari yang lalu dan akan tetap akan di tutup pada tanggal 29 April 2022. Calon yang mendaftar pada periode ini akan memulai studinya pada tahun 2023 nanti.

Beasiswa ini dapat digunakan baik untuk jenjang master/S2 dan juga jenjang doktoral/S3 di semu Universitas yang bekerja sama dengan Australia Awards.

Seleksi administrasi akan dilakukan secara online. Dimana para calon harus melengkapi dokumen administrasi dan menguploadnya melalui sistem bernama OASIS. Untuk melihat persyaratan, dapat menuju ke laman ini.

Target Beasiswa Australia Awards

Salah satu cara untuk memenangkan beasiswa ini adalah dengan memenuhi kriteria awardee yang dicari. Yaitu sosok WNI yang memiliki kualitas sebagai pemimpin global, dengan kualitas personal dan profesional yang baik, memiliki kompetensi akademi yang baik, dan mampu memberi dampak yang positif bagi hubungan Indonesia-Australia.

Beasiswa ini juga memiliki kategori targeted dan non-targeted. Dimana penerima beasiswa dari kategori Targeted adalah mereka yang masuk ke dalam focus area secara geografis. Sehingga teman-teman yang berasal dari Aceh, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Papua, Papua Barat, Maluku and Maluku Utara akan diprioritaskan dalam beasiswa ini.

Selain itu, mereka yang bekerja di kantor pemerintahan juga mendapat prioritas dalam kategori Targeted. Sementara yang tidak termasuk dalam kriteria Targeted ini, akan jatuh dalam kriteria Non-Targeted.

Baca juga  PPDS Bedah FK UNRAM: Center baru di Nusa Tenggara Barat!

Course of Study yang Masuk ke dalam Prioritas

Setiap tahun, ada beberapa jurusan yang menjadi prioritas di beasiswa ini. Tahun 2022 ini, prioritasnya adalah studi yang berhubungan dengan Covid-19 Development Response Plan.

Beberapa studi yang masuk ke dalam prioritas antara lain sebagai berikut

Australia Awards 2022
source: Australiaawardsinindonesia

Buat sejawat dokter yang tertarik dengan penyakit menular, ilmu kesehatan masyarakat, medical education, hingga kesehatan Ibu dan Anak, punya kesempatan yang lebih besar untuk diterima beasiswa ini.

Proses Seleksi

Proses seleksinya terdiri dari seleksi administratif, wawancara, dan tes IELTS. Bagi calon yang lulus tahap administratif, akan mendapat undangan untuk seleksi wawancara pada bulan Juni 2022.

Seleksi wawancara dan tes IELTS akan diadakan pada bulan Juli 2022. Calon yang diterima dalam seleksi ini akan diumumkan pada bulan Agustus 2022.

Setelah menjadi penerima resmi Australia Awards, calon akan diundang untuk hadir dalam Pre-Departure Training (PDT) dimana awardee akan dibimbing untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris sekaligus mempersiapkan studinya.

Menurut alumni Australia Awards, dr. Arditya Dama Kusuma, M.Med(Clin Epi), Sp. JP, seleksi administratif memiliki bobot yang paling besar dari keseluruhan proses seleksi. Jadi, persiapkan dengan baik.

Jadi, kenapa harus Australia Awards?

Beasiswa ini adalah salah satu beasiswa bergengsi dari Australia. Selain bergengsi, beasiswa ini juga terkenal generous dengan berbagai bantuan baik financial dan non-financial untuk para awardee-nya.

Selain itu beasiswa ini memiliki ikatan alumni yang cukup kuat. Untuk mengetahui lebih banyak lagi, jangan lupa cek artikel kami sebelumnya.

Jadi, sudah siap ke studi di Australia?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: