Kemana mencari rekomendasi terapi COVID-19?

rekomendasi terapi COVID-19

Sudah mulai bisa menjawab pertanyaan seputar COVID-19? Sudah bisa memilih terapinya? Atau masih bingung memilih terapi sesuai evidence? Kalau masih ragu dan pingin liat evidence-nya, yuk coba tengok dua website rekomendasi terapi COVID-19 yang enak banget buat dibaca buat sejawat!

Rekomendasi terapi COVID-19: WHO

Nah, ini dia yang menjadi panutan penanganan COVID-19 di dunia. Barusan WHO mengeluarkan guideline manajemen COVID-19 mereka yang terbaru pada tanggal 6 Juli 2021 lalu. Disini WHO menambah beberapa terapi yang menurut evidence-nya sudah cukup kuat untuk dijadikan terapi, seperti anti-IL-6, Tocilizumab.

Guideline WHO ini cukup praktis, to the point, dengan menggunakan indikator rekomendasi yang hanya 3 kategori, sehingga lebih mudah bagi kita untuk memahami.

NIH-US

Yang berikutnya adalah NIH atau National Insitutes of Health milik US. Website khusus guidelines COVID-19 milik NIH ini simpel tapi lengkap dalam membahas hal-hal termasuk yang baru seputar terapi.

Penjelasan yang dipaparkan dalam website ini untuk setiap point terapinya cukup jelas. Secara singkat kita bisa melihat pada summary recommendations-nya. Tapi kalau mau melihat lebih detil, kita bisa melihat satu per satu penjelasannya.

Tidak hanya memberi rekomendasi, website ini juga memberi penjelasan tentang mechanism of action dari masing-masing terapi, rationale, sampai ke data-data dari studi yang mereka gunakan untuk menarik kesimpulan rekomendasi mereka. Jadi bisa untuk pembelajaran juga buat kita tentang evidence-based-medicine.

Jadi kalau bingung dan ngga ada waktu buat menelusuri evidence satu-satu, kedua website ini bisa kita jadikan acuan dalam memberi rekomendasi terapi COVID-19. Karena masing-masing dari sumber tersebut sudah menampilkan sumber mereka.

Gimana? Masih bingung?

Baca juga  Tips Menulis Publikasi untuk Mahasiswa S1 Kedokteran

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: