10 Negara dengan Fakultas Kedokteran Terbanyak versi WDOMS

negara dengan fakultas kedokteran terbanyak

Tahukah teman-teman ada berapa banyak fakultas kedokteran di dunia? Dan tahukah teman-teman bahwa Indonesia termasuk di dalam list negara dengan fakultas kedokteran terbanyak versi World Directory of Medical School yang di rilis tahun 2017? Ngga percaya? Yuk mari kita lihat.

World Directory of Medical School

World Directory of Medical School atau WDOMS adalah suatu direktori dunia yang tidak berbayar yang menyimpan daftar program pendidikan kedokteran sarjana di berbagai negara di dunia.

Direktori ini berisi informasi lebih dari 2.900 sekolah, dan memiliki informasi mulai dari operasional fakultas kedokteran/ med school tersebut hingga ke sisi historisnya. Setiap daftar sekolah dilengkapi dengan detail seperti kapan sekolah tersebut mulai beroperasi, jenis sekolah, status operasional, detail program, dan hingga informasi kontak.

Direktori ini menyatukan dan melanjutkan informasi yang ada dalam Direktori Dunia milik WHO, Direktori Pendidikan Kedokteran Internasional (IMED) dan direktori Avicenna. Sejak berdiri pada tahun 2014, lebih dari 400 sekolah kedokteran yang ditambahkan ke direktori tersebut.

Namun, direktori ini sifatnya hanya mendata semua med school secara keseluruhan, tanpa melihat status akreditasi atau dukungan dari lembaga tertentu seperti The World Federation for Medical Education (WFME) and the Foundation for Advancement of International Medical Education and Research (FAIMER), kecuali dinyatakan dalam direktorinya.

Negara dengan Fakultas Kedokteran Terbanyak versi WDOMS

Pada tahun 2017, WDOMS membuat daftar negara dengan medschool atau FK operasional terbanyak. Di dalamnya, ada 10 negara yang masuk, termasuk Indonesia.

Baca juga  Master in Medical Education? Belajar apa itu? #maujadimaster #masterinUK

Berikut list-nya:

Countries with the most operational medical schools

  1. India – 392 medical school
  2. Brazil – 242
  3. USA – 184
  4. China – 158
  5. Pakistan – 96
  6. Mexico – 92
  7. Japan – 80
  8. Russian Federation – 78
  9. Indonesia – 74 FK
  10. Turkey – 73

Source: https://wfme.org/world-directory/

Pada tahun tersebut, Indonesia ternyata menempati posisi ke 9 dengan 74 medical school atau FK yang beroperasi.

Bagaimana dengan tahun 2023?

Menurut direktori WDOMS, jumlah FK di Indonesia sudah meningkat, saat ini Indonesia memiliki 91 FK yang operasional dalam direktori ini. Namun, bukan hanya Indonesia saja yang mengalami peningkatan jumlah FK di dunia.

Selama 6 tahun terakhir, ternyata medical school di negara-negara lain juga berkembang secara signifikan. Di India misalnya, jumlah med school-nya meningkat hingga angka 550, sementara Brazil – 356, USA – 196, China – 164, Pakistan – 123, Meksiko – 143, Jepang – 82, Rusia – 91, dan Turki – 105.

Jika melihat direktori tersebut pada tahun ini, setidaknya Indonesia bisa naik ke peringkat 8, setelah India, Brazil, USA, China, Pakistan, Meksiko, dan Turki. Jumlah FK operasional yang dimiliki Indonesia kini lebih tinggi ketimbang di Jepang dan di Rusia.

Namun, melihat dengan banyaknya FK yang mulai dibuka sejak tahun lalu, posisi Indonesia bisa saja kembali meningkat mendahului Turki dengan 105 med school dalam beberapa tahun ke depan.

Mari kita lihat perkembangannya di tahun depan.

Bagaimana menurut teman-teman?

Leave a Reply

%d bloggers like this: