Kenapa kita perlu ikut presentasi ilmiah di ajang bergengsi?

Tiap tahun, ada berbagai ajang ilmiah di gelar oleh berbagai macam institusi, kolegium, dalam bahkan luar negeri. Mayoritas event tersebut memiliki ajang presentasi ilmiah yang bisa diikuti oleh dokter.

Berpartisipasi dalam ajang seperti ini memang tidak mudah, tapi taukah teman-teman, ada berbagai macam keuntungan dari mengikuti ajang tersebut? Yuk simak disini.

Personal Branding

Ini dia istilah kekinian yang bisa menjadi kartu as bagi para dokter sekalipun. Kenyataannya, dokter-dokter yang kerap mengikuti acara ilmiah sebagai presenter, memiliki kesempatan untuk melakukan personal branding sebagai dokter yang memiliki kualitas klinis sekaligus kualitas saintifik.

Selain manfaat personal branding lainnya, yaitu: mempercantik CV untuk mendaftar beasiswa atau PPDS.

Menambah pengalaman

Melakukan presentasi ilmiah bukanlah hal yang simpel. Diperlukan persiapan dan pengalaman yang banyak untuk dapat menyampaikan keilmiahan dengan efektif dan efisien.

Dengan mengikuti ajang ilmiah dimana kita diharuskan menyampaikan presentasi dalam waktu yang terbatas, akan menambah pengalaman kita terkait komunikasi ilmiah yang efektif dan efisien.

Apalagi jika kita punya cita-cita untuk memenangkan award bergengsi dari presentasi ilmiah, meningkatkan pengalaman dan jam terbang bisa menjadi jalan menuju kesuksesan.

Update Ilmu

Melalui ajang ilmiah, kita bisa melihat update terkini dari penelitian-penelitian terbaru, yang bahkan belum dipublikasikan oleh orang lain.

Tidak jarang, kita dapat memperoleh ide untuk penelitian kita dari pertanyaan yang kita dapatkan saat presentasi, apalagi jika kita presentasi dalam suatu ajang award. Atau bahkan mendapat ide dari penelitian sejawat lain yang berada pada satu sesi yang sama!

Networking

Dimana kah tempat dimana kita bisa show off didepan ahli-ahli kece dan pejabat-pemangku jabatan hebat di bidang akademik? Di ajang presentasi ilmiah tentunya.

Baca juga  How to write an Award-Winning Abstract for conferences?

Paling tidak kita bisa show off di depan kepala departemen, direktur rumahsakit/pusat riset, ahli-ahli ternama yang juga ingin update keilmuah melalui ajang ilmiah tersebut.

Kalau beruntung, kita bahkan bisa ngobrol dan diskusi bareng dengan para ahli-ahli yang kece! Siapa tahu habis itu kamu bisa ditawari posisi/beasiswa untuk studi bersama sang ahli tersebut!

Jalan-jalan

Kapan lagi bisa jalan-jalan ke luar negeri dengan subsidi dari travel grant? Cara paling gampang adalah dengan ikut ajang presentasi ilmiah dari konferensi internasional, dan menangkan travel grant-nya!

Nah, menurut kalian, apalagi alasan kenapa harus ikut ajang presentasi ilmiah?
Jangan lupa cek peluang show off kalian di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: