Update dari Beasiswa LPDP 2021! Kamu sudah siap?

beasiswa LPDP 2021

Siapa yang menunggu Beasiswa LPDP? Setelah membuka pendaftaran Batch 1 pada 4 Mei 2021 yang lalu, tanggal 1 Agustus 2021 nanti, Batch 2 akan kembali dibuka pada tanggal 1 Agustus 2021 dengan sedikit perubahan. Seperti apa perubahan dan bagaimana mempersiapkannya? Simak yuk

LPDP x Kemdikbud

Seperti yang diketahui pada Batch 1 kemarin, beberapa jenis beasiswa dari Kemdikbud akan dikelola bersama dengan beasiswa LPDP, sehingga cakupan beasiswa LPDP semakin luas.

Beberapa program beasiswa milik Kemdikbud seperti beasiswa degree dan mikrokredensial (beasiswa non degree) termasuk beasiswa training, kampus merdeka, kampus mengajar, dan beasiswa postdoctoral kini dikelola oleh LPDP.

Meskipun proses seleksi terpisah dengan seleksi LPDP, tapi pengelolaan beasiswanya menjadi satu. Artinya, fasilitas yang didapatkan para penerima beasiswa akan sama dengan Awardee LPDP.

Jadi buat temen-temen dokter yang bekerja sebagai calon dosen, dosen, atau merupakan mahasiswa berprestasi, bisa mendaftar melalui jalur ini. Hanya saja dibutuhkan Unconditional Letter of Acceptance (LoA) untuk semua jenjang.

Semakin banyak jalur, artinya semakin banyak kesempatan! Asik kan? Untuk jadwal seleksi dan informasi lainnya bisa langsung dilihat di laman Beasiswa Kemdikbud.

Beasiswa LPDP 2021

Kalau beasiswa Kemdikbud hanya terbatas untuk golongan tertentu, dan wajib memiliki Unconditional LoA, beasiswa LPDP lebih umum dan tidak mewajibkan memiliki LoA sebelumnya. Teman-teman yang bukan dosen, bukan mahasiswa berprestasi dan golongan yang tidak masuk dalam beasiswa Kemdikbud, masih berpeluang dapat LPDP.

beasiswa LPDP 2021

Seperti batch sebelumnya, LPDP akan membuka 3 jenis beasiswa: Afirmasi, Targeted, dan Umum. Beasiswa Afirmasi akan tetap menaungi beasiswa Difabel dan beasiswa Daerah Afirmasi. Untuk beasiswa Bidikmisi saat ini sudah di lebur dengan beasiswa Prasejahtera.

Baca juga  Beasiswa PPDS: Ada apa aja? Apa yang harus diketahui? [Updated]

Seperti batch sebelumnya, teman-teman PNS/TNI/POLRI pun juga dapat mendaftar. Untuk para entrepreneur juga ada beasiswa Kewirausahaan yang menkhususkan pada para bibit unggul yang akan mencetak peluang kerja, bukan mencari kerja. Dan berita gembiranya, beasiswa Dokter Spesialis akan dibuka pada Batch 2 ini!

Untuk teman-teman dokter yang tidak termasuk dalam lingkup beasiswa Afirmasi dan Targeted, masih ada beasiswa umum, termasu beasiswa reguler dan perguruan tinggi unggul dunia (PTUD), serta skema pembiayaan co-funding.

Beasiswa Dokter Spesialis

Meskipun komponen beasiswa ini sempat menghilang, Kepala Divisi Pelayanan Beasiswa, Ratna Prabandari, dalam webinar series Mata Garuda: Beasiswa LPDP 101 pada hari Minggu, 20 Juni 2021 lalu menyampaikan bahwa beasiswa ini akan kembali dibuka pada batch 2 tahun 2021 ini.

Alasan hilangnya komponen beasiswa ini selama beberapa saat antara lain adalah sedang dilakukan diskusi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Informasi lanjut tentang persyaratan beasiswa Dokter Spesialis ini kemungkinan baru akan dirilis setelah arahan dari Kemenkes diberikan.

Karena beasiswa ini akan mengikuti arahan dari Kemenkes, ada kemungkinan persyaratan dan kebijakan akan menyesuaikan program Kemenkes.

Persiapan seleksi Beasiswa LPDP 2021

Pada seleksi beasiswa LPDP tahun 2021, ada 3 tahap seleksi: administrasi, tes substansi akademik, tes substansi kebangsaan/wawancara.

Untuk seleksi administrasi, semua persyaratan harus terpenuhi dengan baik. Karena tiap syarat akan dicek dan di verifikasi tanpa ada penilaian atau pembobotan. Siapa yang syaratnya lengkap dan memenuhi syarat maka dia yang akan maju ke tahap berikutnya.

Tes substansi akademik disini merupakan tes potensi akademik. Tujuannya adalah untuk melihat potensi seseorang apabila diberi kesempatan untuk memperoleh pendidikan lebih tinggi. Sehingga yang diujikan adalah tes verbal, logika, dan pemecahan masalah.

Baca juga  Nusantara Sehat 2021 Periode I sudah mulai dibuka lagi!

Tahap seleksi terakhir yang cukup krusial adalah tes wawancara, dimana calon penerima beasiswa akan di wawancarai selama kurang lebih 45mn-1jam. Tujuannya adalah untuk melihat potensi apabila si calon ini diberi kesempatan untuk memperoleh pendidikan lebih tinggi.

Masih ada waktu 1 bualan lebih untuk mempersiapkan seleksi LPDP. Jangan lupa cek inspirasi jenjang magister dan doktoral di website kami. Jadi, mulailah persiapan dari sekarang dan gapai impianmu!

Kalau ada pertanyaan seputar LPDP, silahkan dapat menuliskan di kolom komentar ya!

Sumber: webinar series Mata Garuda: Beasiswa LPDP 101

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: