Tips meningkatkan kualitas bahasa Inggris akademik

meningkatkan kualitas bahasa inggris

Siapa yang masih ngga pede dan merasa “kurang” bahasa Inggrisnya? Apalagi untuk presentasi di kancah internasional? Yuk sekarang kita bahas beberapa tips sederhana untuk meningkatkan kualitas bahasa inggris akademik! Karena bahasa inggris itu penting!

Bahasa Inggris apalagi di ranah akademik memang tidak mudah, banyak kosakata yang tergolong complicated dan tidak biasa digunakan sehari-hari. Kita bisa belajar lebih dalam melalui bimbingan belajar khusus academic english, tapi kita harus siap, dengan harga yang pasti lebih mahal dari kelas regular.

Nah, kita sebenarnya bisa mempelajari dengan sederhana. Seperti apa langkahnya

Perbanyak “nonton” presentasi ilmiah internasional

Tidak hanya melihat kuliah utama dan keynote speaker saja. Kadang kita juga perlu mengamati para peneliti muda melakukan presentasi oral atau poster. Disitu kita bisa belajar banyak kata-kata, kalimat, dan expression yang efektif dalam mempresentasikan data dan meng-emphasize isi dari penelitian kita.

Apalagi di kondisi pandemi yang serba online, sebenernya tidak sulit bagi kita untuk bisa mengakses presentasi-presentasi internasional. Bahkan kita bisa menonton lewat Youtube!

Setelah “menonton” atau “mengamati” para presenter asing, mulailah untuk meniru dan memodifikasi, atau yang dikenal dengan taktik ATM; amati, tiru, modifikasi. Cobalah menggunakan kata-kata “keren” ala presenter asing itu ke dalam presentasimu sendiri! Rasakan bedanya!

Kalo merasa sulit cari contoh presentasi internasional yang asik, boleh kok belajar dari presentasi TEDx Talks. Presentasi TEDx juga banyak membawa unsur riset, walaupun bukan kedokteran sih…

Perbanyak baca publikasi ilmiah

Semua tahu kalau bahasa inggris dalam publikasi ilmiah pasti menggunakan bahasa yang akademik. Dengan banyak membaca, kita bakal banyak mempelajari kosakata baru yang lebih “ilmiah”. Semakin membaca, tabungan kata-kata yang sophisticated akan makin banyak!

Baca juga  Tips Menulis Publikasi untuk Mahasiswa S1 Kedokteran

Kita juga bisa sekalian melatih kemampuan menulis publikasi dalam bahasa inggris dengan melakukan ATM. Coba amati bentuk kalimat dan kata-kata ilmiah yang ada di publikasi terkenal dan tirukan ke dalam publikasi kita. Tapi ingat, dengan modifikasi sesuai tema tulisan kita tentunya, karena kita tidak ingin menjadi plagiat kan?

Nonton film kedokteran berbahasa inggris

Jangan cuma nonton K-drama, drama romantis atau action ya! Yuk tonton juga drama kedokteran berbahasa inggris. Apalagi cara yang lebih mudah selain nonton film?

Walaupun kalimat yang digunakan tidak selalu akademik, tapi kita bisa mempelajari penyebutan nama obat, prosedur medis, istilah medis umum, dan semacamnya.

Yang mau share judul film yang rekomen, silahkan di kolom komentar yak!

Nah, kalo temen-temen punya tips and trick untuk meningkatkan kualitas bahasa inggris terutama di ranah akademik, yuk silahkan ditulis di kolom komentar juga. Karena sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: