Durasi studi berbagai prodi PPDS di pulau Jawa [Updated]

durasi PPDS

Selain persiapan pengetahuan, persiapan keuangan, yang ngga kalah penting adalah persiapan durasi. Sebelum masuk ke ranah PPDS, kita harus tahu dulu, berapa lama saya harus sekolah? Berapa lama saya harus membayar SPP? Berapa lama saya harus bertahan? Berapa lama saya mesti menangis tiap malam? Ya ngga?

Buat kamu yang penasaran, tim #maujadiapanih sudah merangkumkan info seputar durasi studi PPDS pada tabel berikut. Yuk silahkan disimak tabel berikut:

Tabel Durasi Studi PPDS

tabel durasi studi PPDS di jawa
Informasi didapatkan dari website resmi masing-masing center pada tahun 2019/2020. Durasi tersebut mungkin mengalami perubahan.
Simbol (-) berarti info durasi studi tidak tersedia di website resmi dan website sejenisnya.
Baca update tambahan di akhir artikel!

Tiap center di pulau Jawa ternyata punya durasi yang berbeda-beda lho meski untuk prodi yang sama. Hanya prodi bedah urologi, BTKV, dan bedah syaraf (kecuali UNDIP) saja yang punya durasi studi yang sama untuk semua center di pulau Jawa.

Di beberapa center diluar jawa, kisaran durasi studinya tidak jauh berbeda, walaupun lebih sulit untuk bisa mendapatkan informasi resminya melalui website.

Jangan lupa cari tahu juga seluk beluk PPDS yang menjadi incaranmu. Kalau perlu, cari tahu juga dari mana saji kita bisa mendapatkan beasiswa untuk PPDS supaya beban lebih terasa ringan. Kalau kamu masih ragu dengan PPDS pilihanmu, coba uji lagi apakah Prodi tersebut bener-bener cocok buatmu??

Jadi, sudah tau kan kira-kira harus menangis berapa semester?

UPDATE!

Onkologi radiologi–> 8 semester baca artikelnya disini.

Anestesi UNDIP dan UGM–> 8 semester

IK Mata –> rata-rata 8 semester sesuai kolegium

Temukan sumber terupdate disini: UGM, UI, UNAIR, UB

Baca juga  The Life After PPDS: Sarapan Bareng dokter Sp.JP (Episode 1)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: