Persyaratan Tersulit untuk Mendaftar Beasiswa LPDP Spesialis

Pendaftaran beasiswa LPDP sudah dimulai. Bagi yang ingin mendaftar beasiswa LPDP Spesialis di batch kedua tahun 2024 ini, harus bersiap-siap. Karena, persyaratannya tidak mudah. Persyaratan tersulit untuk mendaftar beasiswa LPDP Spesialis bisa bervariasi tergantung pada latar belakang dan situasi pribadi setiap calon pendaftar. Namun, beberapa persyaratan yang sering dianggap menantang adalah:

Sertifikat Kemampuan Bahasa Inggris

Mengunggah sertifikat kemampuan bahasa Inggris (TOEFL, IELTS, atau PTE Academic) dengan skor minimal tertentu merupakan salah satu persyaratan yang cukup sulit. Ada tiga kesulitan yang bisa terjadi.

Yang pertama, terkait dengan skor minimal yang diminta adalah:

  • TOEFL ITP: 475
  • TOEFL iBT: 57
  • PTE Academic: 43
  • IELTS: 5.5

Memperoleh skor ini bisa menjadi tantangan, terutama bagi mereka yang tidak terbiasa dengan bahasa Inggris atau tidak memiliki waktu cukup untuk persiapan tes.

Yang kedua, terkait dengan legalitas institusi penyelenggara tes. Karena, hanya sertifikat yang diterbitkan oleh ETS (www.ets.org), PTE Academic (www.pearsonpte.com) atau IELTS (www.ielts.org) yang diakui oleh LPDP. Tidak sedikit lembaga yang mengeluarkan sertifikat bahasa yang disinyalir palsu.

Yang ketiga, terkait dengan masa berlaku sertifikat. Untuk pendaftaran, sertifikat berlaku paling lambat pada 2 (dua) tahun terakhir, terhitung sampai dengan tanggal pengumuman hasil sanggah. Jadi, jangan sampai menggunakan sertifikat yang sudah tidak berlaku ketika proses seleksi masih berjalan.

Surat Tanda Registrasi (STR) Dokter Umum dan Dokter Spesialis

STR yang masih berlaku adalah dokumen penting untuk proses pendaftaran, yang memerlukan proses perpanjangan atau pengurusan yang bisa memakan waktu serta administrasi yang tidak sederhana. Jadi, pastikan bahwa STR masih dalam masa berlaku sebelum melakukan pendaftaran.

Baca juga  Update dari Beasiswa LPDP 2021! Kamu sudah siap?

Surat Keterangan Bebas Narkoba

Perlu diingat bahwa persyaratan surat keterangan bebas narkoba memiliki masa berlaku tertentu. Mengunggah surat keterangan bebas narkoba yang diterbitkan pada tahun yang sama dengan pendaftaran beasiswa dari rumah sakit pemerintah bisa menjadi tantangan, terutama dalam memastikan surat tersebut diterima tepat waktu dan sesuai dengan persyaratan formal.

Karena pemeriksaan narkoba dan penerbitan surat keterangannya bisa memakan waktu lama terutama jika dilakukan bersamaan dengan tes CPNS atau tes kesehatan untuk bekerja lainnya. Bisa terjadi antrian panjang di RS!

Surat Rekomendasi dan Rencana Pasca Studi/Kontribusi

Memperoleh surat rekomendasi dari tokoh masyarakat atau akademisi yang kredibel serta menulis rencana pasca studi/rencana kontribusi yang rinci dan realistis bisa menjadi tantangan, terutama jika pendaftar tidak memiliki hubungan profesional yang kuat atau pengalaman dalam menulis proposal akademik yang baik.

Meminta surat rekomendasi dibutuhkan hubungan yang baik dengan pemberi rekomendasi yang itu tidak bisa dicapai hanya dengan waktu singkat saja. Sama halnya dengan rencana pasca studi/kontribusi, karena rencana ini harus dibuat dengan realistis, sehingga perlu adanya diskusi dengan sejawat yang sudah berpengalaman sebelumnya.

Secara keseluruhan, tantangan utama dalam memenuhi persyaratan beasiswa LPDP Dokter Spesialis adalah kombinasi dari persyaratan akademik, administratif, dan komitmen profesional yang ketat. Persiapan yang matang dan dukungan yang kuat dari lingkungan sekitar sangat diperlukan untuk berhasil melewati tantangan dari persyaratan tersulit beasiswa LPDP Spesialis ini.

Leave a Reply