Peluang ASN bagi dokter di tahun 2023

Seperti yang sudah diumumkan melalui website Badan Kepegawaian Negara (BKN), pada semester genap tahun 2023 ini pemerintah kembali membuka penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN), baik untuk posisi Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Bagaimana peluang ASN bagi dokter di tahun?

Peluang ASN bagi dokter

Khusus tahun 2023 ini, pemerintah membuka kesempatan yang lebar bagi para tenaga kesehatan, termasuk para dokter. Menurut kabar yang beredar, setidaknya akan ada 572.496 jumlah formasi PNS dan PPPK untuk tenaga kesehatan pada tahun ini, yang meliputi tenaga medis (dokter dan dokter gigi), keperawatan, kefarmasian, kesehatan masyarakat, tenaga gizi, keterapian fisik dan juga tenaga keteknisian medis.

Hanya saja, untuk tahun 2023 ini, peluang berkarir sebagai ASN bagi dokter akan sedikit berbeda. Sebab, untuk posisi tenaga medis dokter, baik spesialis maupun dokter umum, pemerintah hanya membuka posisi PPPK, bukan PNS.

Dokter dan dokter spesialis PPPK ini nanti akan diterjunkan di berbagai instansi pemerintah, baik itu RS di bawah Kemenkes yang tersebar di berbagai daerah, atau instansi pemerintahan lainnya.

Peluang bagi dokter fungsional

Bagi dokter yang ingin menjalani karir di ranah fungsional, Kemenkes membuka peluang PPPK untuk posisi mulai dari Dokter Ahli Pertama dan Madya untuk kualifikasi dokter umum dan dokter spesialis, hingga Dosen pendidik Klinis untuk kualifikasi dokter spesialis.

Dokter fungsional ini nantinya akan ditempatkan di RS dan di fasilitas kesehatan di bawah Kemenkes termasuk Puskesmas dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), di berbagai wilayah di tanah air.

Baca juga  Melihat prospek S2 dalam karir dokter

Selain Kemenkes, posisi ahli pertama juga di buka di kementerian yang lain, seperti Kementerian ESDM, Badan Narkotika Nasional, dan berbagai instansi lainnya.

Peluang bagi dokter non-fungsional

Berbeda dengan peluang dokter fungsional yang hanya terbuka sebagai PPPK, bagi dokter yang tertarik menjalani karir di luar ranah klinis, pemerintah membuka peluang baik untuk posisi PNS.

Untuk dokter dengan kualifikasi S3 yang ingin mengembangkan riset, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) membuka peluang PNS yang cukup luas pada kesempatan kali ini dengan total kebutuhan formasi yang besar.

Sementara untuk dokter dengan kualifikasi S2-S3 yang tertarik untuk menjadi dosen di Politeknik dibawah Kemenkes, ada beberapa formasi PNS yang terbuka pada kesempatan kali ini.

Jadwal pendaftaran ASN bagi dokter

Untuk sejawat dokter yang tertarik mendaftar dalam seleksi CASN kali ini, jangan sampai ketinggalan informasi dan jadwal pendaftaran.

Untuk informasi lengkap terkait pendaftaran dan formasi lengkap, dapat menilik langsung ke laman Badan Kepegawaian Negara (BKN) di tautan ini.

Jangan lupa cek juga website masing-masing instansi incaran untuk informasi yang lebih akurat!

Selamat berjuang para calon aparatur negara!

Leave a Reply