“Belajar” Tips Mendaftar PPDS dari TikTok

Siapa bilang TikTok hanya bisa untuk sekedar pamer, atau sekedar bikin konten viral? Ada beberapa konten yang bisa kita ambil manfaatnya. Termasuk beberapa konten tentang tips mendaftar PPDS dari TikTok yang tim #maujadiapanih rangkum berikut ini.

“Jadilah orang yang dibutuhkan”

Begitulah pesan dr. Sonia Hanifati, Sp.DV dalam video tiktoknya tentang tips mendaftar PPDS.

Sebagai “muggles” dalam dunia PPDS, seorang calon PPDS harus mau belajar dan mau bekerja keras, apalagi terkait dengan biaya. Calon PPDS harus bisa membagi waktu untuk belajar dan bekerja.

Selain menekankan pentingnya menjadi orang yang dibutuhkan, dr. Sonia juga menambahkan bahwa koneksi adalah suatu rejeki, yang sebenernya bisa kita usahakan sendiri.

Persiapkan diri dengan baik

Begitulah pesan dr. Dan Fer Hutabarat terkait pengalamannya bisa diterima sebagai PPDS Jantung dan Pembuluh Darah di center UI.

Persiapan yang dimaksud meliputi pengalaman bekerja di daerah melalui program NS, mempersiapkan rekomendasi termasuk rekomendasi kembali, dan mempelajari buku pegangan PPDS Cardio.

Terakhir, dr. Dan menambahkan pesan bagi para calon PPDS untuk menambah skill dan pengalaman lain, seperti pengalaman riset dan publikasi, hingga skill editing foto/video, untuk menambah value kita.

PTT, Belajar, dan Rekomendasi

3 hal inilah yang disampaikan oleh dr. Fista Divia Mesia, Sp.OG dalam video TikTok-nya kala menjawab pertanyaan seputat tips menjadi PPDS.

Baca juga  #maujadippds: Ilmu Kesehatan Jiwa! It's okay to not be okay

Karena sudah yakin akan melanjutkan karir di spesialisasi, dr. Fista memutuskan untuk mengikuti program PTT terlebih dahulu.

Di sela-sela kegiatannya sebagai dokter PTT, dokter ini juga memanfaatkan waktu untuk tetap belajar dan update seputar keilmuan bidang Obsgyn melalui seminar dan symposium.

Yang tidak kalah penting, adalah mendapatkan rekomendasi dari sejawat dari rumpun keilmuan yang dituju, dalam hal ini dari Obgyn juga. Menurut dr. Fista, hal ini sangat membantunya untuk mendaftar PPDS.

Jadi, ada lagi yang mau menambahkan?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: