Daftar Center dan Program Studi PPDS se-Indonesia

Buat temen-temen calon PPDS, penting nih buat tahu center dan program studi PPDS Se-INDONESIA. Yang perlu diketahui adalah tidak semua center PPDS memiliki program studi atau prodi yang sama. Bahkan ada beberapa prodi yg eksklusif di center tertentu. Nah, untuk mempermudah temen-temen melihat prodi dan center PPDS yang available, yuk disimak tabel dari tim #maujadiapanih berikut ini

Tabel prodi dan center PPDS.
Sumber: website center PPDS, BAN-PT dan LAMPTkes (last updated July, 2021)

Selain itu, akreditasi prodi PPDS di tiap center ternyata tidak sama. Ada beberapa prodi yang akreditasinya masih belum mendapat kategori A. Berikut tim #maujadiapanih membuat rangkumannya buat temen-temen.

Tabel Akreditasi Prodi PPDS
(last updated Aug 27, 2020)

Hayo, siapa diantara temen-temen yang baru sadar kalo prodi PPDS yang diakui di Indonesia sekarang ada 34?? Mulai dari prodi wajib yang umum, sampe prodi-prodi baru jaman now.

Dari tabel hasil penelusuran tim #maujadiapanih, ternyata prodi Obsgin menjadi prodi yang 100% ada di tiap center PPDS. Artinya, demand di bidang obstetri dan ginekologi ini cukup tinggi, jadi Sp.OG lumayan besar, walaupun nanti persaingannya pasca lulus pun semakin ketat.

Prodi lain yang umum tapi tidak selalu ada di tiap center antara lain bedah, penyakit dalam, anak, saraf, THT, jantung, kulit&kelamin, dan mata. Yang tidak umum tapi relatif mudah ditemukan antara lain patologi klinik, patologi anatomi, bedah orthopedi, radiologi, kedokteran jiwa, hingga pulmonologi.

Sementara forensik, mikrobiologi klinik, bedah saraf, bedah plastik, bedah urologi, bedah anak, bedah thoraks, rehabilitasi medik, dan gizi klinik hanya bisa ditemukan di beberapa center PPDS saja.

Nah, prodi yang tergolong “baru” dan belum banyak antara lain adalah kedokteran olahraga, farmakologi klinik, kedokteran okupasi, onkologi radiasi, kedokteran penerbangan, akupuntur, dan parasitologi klinik yang digawangi oleh FK UI. Sementara Andrologi dan Kedokteran Nuklir digawangi masing-masing oleh FK UNAIR dan UNPAD. Walaupun prodi ini masih baru, tapi prodi ini punya peluang untuk berkembang.

Baca juga  Pendaftaran PPDS mana yang masih buka?

Pertanyaannya, gimana dengan center dan program studi PPDS pilihanmu? Apa kamu siap dan yang mana yang punya peluang buat kamu?

Selain mencari center dan program studi PPDS yang sesuai, langkah berikutnya adalah mencari tahu informasi terkait penerimaan, mulai dari tanggal, persyaratan, dan kriteria. Kemana mencari informasi kalo bukan melalui website resmi center PPDS tersebut. Silahkan di klik link berikut ini yah!

(last updated Aug 27, 2020)

Sumatera

Sulawesi

Kalimantan

Jawa

Bali

Nah, sekarang saat bersiap-siap. Ingat, sukses adalah gabungan dari kesiapan dan peluang. Ayo dapatkan keduanya sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: