Beasiswa PPDS di luar negeri: Ada?

PPDS di luar negeri

Berita gembiranya, PPDS di luar negeri ngga butuh beasiswa! Kenapa? Karena para residen di luar negeri umumnya DIGAJI, bukan membayar tuition fee. Karena status mereka bukan belajar, bukan peserta didik, tetapi “doctor in train”, dokter yang bekerja sambil menerima “pelatihan” spesialisasi!

TAPIIIII
Walaupun akhirnya bisa menjalani pendidikan spesialisasi tanpa memikirkan biaya, untuk mengejar peluang PPDS di luar negeri ternyata butuh biaya yang tidak sedikit. Biaya apa saja?

Modal PPDS di luar negeri

Untuk bisa melanjutkan program residen di luar negeri, kita tentu harus punya sertifikat bahasa yang jelas. Kita juga harus mengikuti ujian misalnya seperti USMLE (The United State Medical Licensing Examination) untuk di US,  the PLAB exam (Professional and Linguistics Assessment Board) untuk di UK, untuk bisa mendapatkan surat ijin praktik.

Untuk mempersiapkan ujian-ujian tersebut juga diperlukan uang dan usaha yang tidak sedikit pula. Karena ujian tersebut tidaklah mudah untuk ditempuh. Bahkan di beberapa negara, tes-tes tersebut harus dilaksanakan di negara yang bersangkutan, sehingga kita harus lebih dulu punya modal untuk berangkat ke negara tujuan dan hidup di sana.

Lamaran dan interview

Proses melamar kerja apalagi interview juga seringkali memerlukan kehadiran kita di rumah sakit tujuan. Sehingga kita memerlukan biaya untuk bisa menghadiri interview di rumah sakit tujuan kita.

Tapi jangan patah semangat, karena hidup di luar negeri memiliki lebih banyak peluang untuk mendapatkan uang, asalakan kita mau bekerja keras.

Membuka peluang melalui S2/S3

Nah, kalau kamu khawatir dengan modal yang tidak sedikit untuk terbang dan tinggal sementara di negara tujuan, kamu bisa mengambil S2/S3 dengan beasiswa di negara tujuan. Dengan begitu kamu memiliki modal untuk berangkat dan menetap di sana.

Baca juga  Ilmu Kedokteran Nuklir dan Teranostik: Seperti apa?

Apalagi di negara maju, orang dengan gelar S2/S3 dari negara tersebut akan memiliki peluang lebih tinggi untuk diterima di program residensi tersebut. Apalagi jika topik S2/S3 kita linier dengan spesialisasi yang kita ambil. Ada poin plus untuk publikasi yang kita lakukan di bidang spesialisasi kita.

Ada yang tertarik PPDS di luar negeri?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: