Skills “Jaman Now” yang dicari dari calon PPDS

Ketika menjalani ujian wawancara, tidak jarang penguji menanyakan pertanyaan terkait skills atau kemampuan khusus, misalnya olahraga dan musik. Jaman sekarang, ada banyak skills modern yang bisa jadi kunci emas. Nah, apa aja skills yang dicari dari calon PPDS dan kerap ditanyakan?

Kamu bisa bikin video atau ngedit video?

Sejak jaman pandemi, penggunaan media video menjadi sangat umum. Dan ini juga diperlukan di ranah spesialisasi. Apalagi sekarang banyak event online atau hybrid yang memerlukan visualisasi yang bagus dari sebuah video. Kalau kita bisa menjadi solusi bagi prodi/center dengan kemampuan kita, why not?

Beberapa prodi/center juga sudah ada yang mulai menggunakan video sebagai bentuk penugasan terhadap calon PPDS.

Kamu bisa gambar/desain/pake aplikasi desain?

Jangan salah, PPDS bisa punya banyak pekerjaan yang berhubungan dengan desain. Bisa desain poster webinar, desain booklet symposium, desain name tag, dan jangan lupa, desain poster untuk maju kompetisi poster ilmiah.

Selain itu, tidak jarang departemen/prodi tertentu menerbitkan suatu buku pedoman atau buku ajar, dimana dibutuhkan ilustrasi gambar sampai ke desain buku yang ciamik. Nah, siapa tau skills mu itu nanti bisa menjadi solusi bagi para konsulen dan departemen.

Dan, yang tidak kalah penting lagi adalah kemampuan untuk membuat desain slide presentasi yang anti bosan-bosan club! Mana ada sih pendidikan tanpa presentasi?

Kamu bisa mengoperasikan zoom/googlemeet/webex dan semacamnya?

Sejak era pandemi, penggunaan aplikasi online meeting menjadi sebuah kewajiban. Bahkan hingga sekarang, masih banyak pertemuan yang menggabungkan konsep online dan offline.

Makanya, sangat penting buat PPDS untuk ngga “gaptek” di bidang ini. Karena sedikit banyak, lambat laun, pasti akan banyak menggunakan aplikasi atau software seperti zoom dan semacamnya.

Baca juga  #maujadippds: Jantung dan Pembuluh Darah: no infection, no trauma, just emergency

Mungkin menurut sebagian orang, bisa mengoperasikan aplikasi semacam ini adalah “lumrah”. Tapi, percaya tidak percaya, masih ada dokter yang lebih senior yang mungkin tidak bisa lho.

Nah, ini dia beberapa skills yang masih relevan untuk dimiliki para calon PPDS. Jika memang departemen membutuhkan yang seperti itu, siapa tahu kehadiran kita dan skills kita bisa menjadi solusi bagi mereka.

Apa ada yang mau nambahin lagi daftar skills yang dicari dari calon PPDS?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: