Kemana Beasiswa Spesialis LPDP 2022?

beasiswa spesialis LPDP 2022

Dilansir dari laman Beasiswa LPDP, pendaftaran gelombang pertama LPDP akan dibuka pada hari ini, 25 Februari 2022. Lalu, bagaimana beasiswa spesialis LPDP?

Daftar Beasiswa LPDP yang Dibuka?

Mulai dari tanggal 25 Februari 2022 hingga 27 Maret 2022, LPDP membuka pendaftaran untuk 3 jenis beasiswa utama-nya: Beasiswa Afirmasi, Targeted, dan beasiswa Umum.

Untuk Beasiswa Afirmasi, beasiswa ini memiliki 4 jalur pendaftaran, antara lain beasiswa Putra-putri Papua, Daerah Afirmasi, Prasejahtera, dan Penyandang Disabilitas.

Untuk beasiswa Umum menaungi 3 jalur masuk beasiswa, yaitu beasiswa Perguruan Tinggi Unggul Dunia (PTUD), Reguler, dan Co-Funding.

Sementara beasiswa Targeted dikhususkan untuk beasiswa kewirausahaan dan PNS/TNI/POLRI. Untuk informasi lengkap, bisa melalui tautan ini.

Lalu Kemana Beasiswa Spesialis LPDP?

Menurut pernyataan Direktur Beasiswa LPDP, Bapak Dwi Larso, dalam sosialisasi beasiswa LPDP melalui kanal YouTube LPDP RI, ternyata beasiswa spesialis LPDP baru akan dibuka pada term kedua pendaftaran beasiswa LPDP.

Sosialisasi Beasiswa LPDP oleh Direktur Beasiswa LPDP melalui kanal YouTube LPDP RI

Gelombang pendaftaran kedua beasiswa LPDP ini akan dibuka pada tanggal 4 Juli hingga 5 Agustus 2022 nanti. Selain beasiswa Dokter Spesialis, pada term kedua ini juga akan dibuka beasiswa kader ulama/perempuan.

Dalam sesi tanya-jawab sosialisasi tersebut, Direktur Utama LPDP, Bapak Andin Hadiyanto, menambahkan bahwa Kemenkes akan membuka beasiswa spesialisnya pada bulan April nanti, dan di susul dengan LPDP pada bulan Juli 2022.

Apakah akan sama seperti tahun lalu?

Pengumuman yang serupa memang pernah didengar pada tahun 2021 lalu. Dimana pada Webinar LPDP, Kepala Divisi Pelayanan Beasiswa LPDP menyampaikan bahwa beasiswa spesialis akan dibuka pada term kedua tahun 2021.

Baca juga  Beasiswa PPDS dari Perseorangan? Beneran nih?

Namun sayangnya, pada tahun 2021, tidak ada jalur dokter spesialis yang dibuka oleh. Hal ini menjadikan absen-nya jalur ini selama kurang lebih 2 tahun ini.

Meskipun Direktur Utama LPDP telah menegaskan kehadiran jalur beasiswa ini pada semester kedua tahun ini, tapi nampaknya kepastian baru akan benar-benar di dapat pada sosialisasi term kedua nanti.

Yang baru dari Beasiswa Spesialis LPDP 2022

Selain menyampaikan rencana pembukaan beasiswa ini pada term kedua nanti, pada sosialisasi beasiswa LPDP, Pak Dwi Larso selaku Direktur Beasiswa menambahkan adanya komponen tunjangan keluarga untuk penerima beasiswa spesialis.

Sosialisasi Beasiswa LPDP oleh Direktur Beasiswa LPDP melalui kanal YouTube LPDP RI

Komponen tersebut masuk ke dalam komponen biaya pendukung, dan hanya diberikan pada penerima beasiswa doktoral dan dokter spesialis.

Jadi, keluarga para penerima beasiswa ini tidak perlu khawatir dengan penurunan pendapatan selama menempuh pendidikan dokter spesialis ini.

Penutup

Hanya saja, untuk pengejar beasiswa ini, kita masih harus bersabar. Masih belum ada keterangan lebih lanjut mengenai persyaratan, jenis spesialisasi yang akan dibiayai dan program pasca pendidikannya.

Sebaliknya, buat teman-teman sejawat yang ingin mendaftar beasiswa master/magister dan doktoral, inilah saatnya.

Kami akan membahas sekilas tentang pendaftaran program ini pada artikel berikutnya.
Jadi, stay tune ya!

Informasi lengkap seputar pendaftaran LPDP, ada di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: