Apa manfaat punya publikasi untuk mendaftar PPDS?

“Bener ngga sih punya publikasi itu bakal menambah nilai saat kita mendaftar PPDS?”. Banyak yang memiliki pertanyaan demikian. Tapi, tahukah kamu, ada beberapa poin penting bermanfaat dari memiliki publikasi untuk mendaftar PPDS?

Seberapa besar minat kamu dengan bidang ini?

Semua orang bisa dengan mudahnya ikut seminar, workshop, yang sesuai dengan peminatan untuk menunjukkan minat mereka terhadap bidang tersebut.

Tapi, hanya secuil orang yang punya minat luar biasa sampai merelakan waktu, tenaga, dan pikiran mereka untuk membuat suatu publikasi.

Effort untuk bikin publikasi jelas ngga sedikit. Dan selama pembuatan publikasi, sudah pasti si penulis akan belajar lebih banyak ilmu-ilmu yang lebih modern dari literature searchnya.

Dengan memiliki publikasi, secara tidak langsung kamu menunjukkan minat, kemauan untuk belajar dan keinginan untuk terus up-to-date dengan perkembangan keilmuan.

Apa yang membedakan kamu dengan kandidat lain?

Semua orang bisa punya rekomendasi dari dokter spesialis senior, beberapa ada yang punya rekomendasi dari dokter spesialis berpengaruh, tapi tidak semua punya publikasi.

Sekali lagi, dengan punya publikasi, secara tidak langsung menunjukkan kemampuan “lebih”mu dibanding kandidat lainnya.

Secara tidak langsung kamu menunjukkan bahwa diri kita adalah pembelajar yang rajin, selalu up-to-date dengan keilmuan, dan “melek” terhadap kaidah sains.

Dan, tidak semua calon benar-benar paham dengan kaidah dan prinsip sains, termasuk emergency-based medicine, yang menjadi dasar dari ilmu kedokteran.

Mengapa prodi tersebut harus menerima kamu menjadi PPDS?

Dengan menunjukkan niat yang besar dan kemampuan saintifik yang berbeda dengan kandidat lain melalui publikasi kita, tentu saja ini akan mendorong para evaluator untuk melihat bahwa kita punya kualitas yang perlu dipertimbangkan untuk diterima sebagai PPDS.

Baca juga  #maujadippds: Anestesiologi dan Reanimasi! Ahli membangunkan dan menidurkan

Dari 3 pertanyaan ini, kita bisa melihat bahwa memiliki publikasi untuk mendaftar PPDS bukanlah hal yang remeh, justru bisa meningkatkan value kita dihadapan penguji PPDS.

Makanya, jangan lewatkan kesempatan untuk bisa memiliki publikasi sendiri!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: