4 Pertanyaan Penting untuk calon PPDS: sudah siap jawabannya?

pertanyaan penting calon PPDS

Sebelum memulai persiapan mendaftar PPDS, sudahkah teman-teman mencoba untuk menjawab 4 pertanyaan penting untuk calon PPDS? Karena pertanyaan ini ternyata bisa menjadi pertimbangan dalam proses seleksi.

Pertanyaan Penting untuk Calon PPDS

Selain memiliki kesiapan akademis yang baik, seorang calon PPDS yang baik harus punya rencana dan persiapan termasuk rencana pasca studi PPDS.

Di beberapa center seperti UGM dan UNPAD, rencana dan kesiapan ini dilihat salah satunya melalui persyaratan pendaftaran yang disebut Proyeksi Keinginan (di UGM).

Sementara di UNPAD, rencana dan tujuan ini dituangkan ke dalam Statement of Purpose yang juga menjadi salah satu syarat dan pertimbangan penilaian dalam proses seleksi PPDS di center ini.

Nah, apa saja inti dari 4 pertanyaan penting untuk calon PPDS yang menjadi inti dari proyeksi keinginan dan statement of purpose? Berikut yang kami kutip dari center UGM.

Alasan mengikuti Pendidikan Spesialis di program studi tersebut

Calon PPDS yang baik tentu punya alasan jelas kenapa dirinya harus menjadi spesialis misalnya spesialis jantung, spesialis anak, atau spesialis patologi klinik.

Tidak mungkin kan menerima calon PPDS yang alasan masuk prodi tersebut hanya karena “ikut teman-teman”? Bisa jadi calon PPDS tersebut putus sekolah ketika teman-temannya sudah lulus.

Dari pertanyaan ini juga sebenarnya kita bisa melihat motivasi dari seorang calon spesialis. Karena calon PPDS yang tidak kuat motivasinya, biasanya akan rentan “putus sekolah”.

Harapan yang diinginkan dari mengikuti Pendidikan Spesialis

Apakah sang calon berharap akan kaya dengan menjadi spesialis? Apakah sang calon berharap bisa memamerkan gelarnya setelah spesialis? Tentu ini akan menjadi pertimbangan tersendiri.

Baca juga  PPDS: Butuh biaya berapa?

Pertanyaan semacam ini adalah untuk melihat tujuan dari masing-masing calon spesialis. Apakah calon spesialis memiliki tujuan dan harapan yang jelas ke depannya? Bisa terlihat di sini.

Rencana topik penelitian

Hari gini, salah satu kualitas yang dicari adalah dokter yang mengerti dan paham penelitian. Tidak hanya dilihat dari ujian semacam ujian jurnal reading saja, tapi juga melalui rencana topik penelitian.

Tentu rencana topik penelitian tidak perlu detil. Tetapi, di sini calon PPDS akan diuji bagaimana mereka dapat memecahkan suatu masalah kesehatan dengan pendekatan riset.

Dari rencana topik penelitian ini bisa dilihat kemampuan analisis dan berpikir dari si calon PPDS, sekaligus melihat ide dan inovasi terkait dunia riset.

Dengan menjawab pertanyaan penting calon PPDS yang satu ini dengan baik, penguji bisa melihat seberapa jauh kita tertarik dengan bidang kedokteran yang kita ambil tersebut.

Rencana yang akan dilakukan setelah menyelesaikan Pendidikan Spesialis

Nah, ini adalah salah satu pertanyaan penting untuk calon PPDS. Karena rencana bekerja di RS besar sebagai spesialis saja tidak cukup memberikan kita alasan kuat untuk diterima menjadi PPDS.

Apalagi sekarang jamannya pemerataan layanan spesialis. Tentu orang-orang yang memiliki visi sejalan akan lebih diutamakan.

Memiliki rencana atau future plan yang baik adalah salah satu ciri calon PPDS yang berkualitas. Jadi, jangan sampai “masuk ke kandang singa” tanpa persiapan matang hingga ke akhirnya yak.

Kesimpulan

Menjadi PPDS bukan sesuatu yang mudah, baik masuknya, maupun ketika sudah keluar nanti. Dan itu harus dipikirkan sedari persiapan pendaftaran.

Karena sejatinya spesialisasi adalah perjalanan seumur hidup. Jadi kita harus punya motivasi, tujuan, dan rencana ke depan yang jelas.

Baca juga  #maujadippds: Jantung dan Pembuluh Darah: no infection, no trauma, just emergency

Yuk mari disiapkan dari sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: