Bekerja sebagai Dokter Magang: Seperti apa?

dokter magang

Pernah dengan lowongan kerja sebagai dokter magang? Pekerjaannya ngapain aja ya? Benarkah worth it? Yuk tanya sama dr. Nafisah Putri W yang pernah bekerja sebagai Dokter Magang di Departemen Psikiatri, FK UI-RSCM. Seperti apa?

Apa itu Dokter Magang?

Menurut dr. Nafisah, menjadi dokter magang terbagi menjadi dua jenis, sebagai asisten administrasi departemen atau menjadi asisten penelitian (aspen). 

“Untuk asisten penelitian seperti saya, tugasnya sebenernya seperti koordinator penelitian, yang bertanggungjawab dalam kelancaran pelaksanaan penelitian di lapangan” ujar dr. Nafisah.

Yang termasuk dalam pekerjaan koordinator adalah pekerjaan administratif seperti perijinan, perekrutan subjek penelitian, mengatur meeting antar peneliti, membantu proses analisis data hingga ke publikasi.

“Jobdesc-nya sebenarnya fleksibel tergantung dengan jenis penelitiannya, ada yang mewajibkan hadir di tempat penelitian dan ada juga yang tidak,” jelasnya. Semua kembali ke bidang penelitian dan kebijakan di lingkungan kerja. Karena beberapa pekerjaan dapat dilakukan dengan WFH.

Apa manfaatnya?

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh, diantaranya bisa mengenal dekat dan membangun hubungan baik dengan guru besar di departemen tempat kita magang.

Selain itu, kita juga dapat membina hubungan baik dengan staf dan orang-orang di lingkungan departemen, sehingga bila kita menempuh pendidikan PPDS nantinya, kita sudah lebih familiar.

“Yang jelas kita bisa belajar lagi lebih dalam tentang penelitian, tentang seluk beluknya, administrasinya,” tambah dr. Nafisah. Bahkan kesulitan yang dihadapi selama penelitian bisa menjadi pengalaman yang bermanfaat jika kita akan melakukan penelitian di kemudian hari.

Skill dasar publikasi mulai dari mengolah data, menulis hingga menerbitkan juga bisa dipelajari selama menjadi dokter magang. Apalagi bimbingan yang kita dapat cukup intens dari konsulen terkait.

Baca juga  Berapa gaji dokter umum di Indonesia?

“Tidak semua orang punya privilege untuk terpapar dengan dunia penelitian. Dengan bekerja sebagai asisten penelitian, merupakan salah satu kesempatan untuk mengenal lebih dalam dunia penelitian,” jelas dr. Nafisah.

Berapa gajinya?

Nah, yang ini sebenernya sangat variatif, “berbeda-beda tergantung departemen masing-masing,” kata dr. Nafisah.

Namun, diakuinya, seorang asisten penelitian umumnya mendapat gaji 1,5-2 juta rupiah per bulan untuk SMF Minor seperti dirinya. “Tapi, di bidang psikiatri, ada juga beberapa Rumah sakit khusus jiwa yang menyelenggarakan magang tanpa gaji,” ujarnya lagi.

Meskipun begitu, teman-teman yang ingin menjadi dokter magang tidak perlu khawatir, karena waktu yang fleksibel, dokter magang tetap dapat mengambil pekerjaan di tempat lain, “misalnya disambi jaga klinik,” tambah dr. Nafisah.

Yang pasti, posisi ini memang lebih cocok untuk teman-teman yang memang ingin terpapar dengan lingkungan penelitian di departemen, sedang menunggu internship, atau yang ingin terjun ke jenjang PPDS

Ada yang pingin jadi dokter magang juga? Yang punya pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar yaa.

10 thoughts on “Bekerja sebagai Dokter Magang: Seperti apa?

  1. Dokter izin bertanya, untuk minimal magang asisten penelitian di RSCM itu berapa lama ya? Dan jobdesc yang biasanya diminta itu seperti apa ya dok?
    Saya berminat mendaftar di departemen neurologi, tetapi masih bingung karena takut bertabrakan dengan jadwal internship nanti. Mohon pencerahannya dok🙏🏻

    1. Tergantung dengan pemberi lowongan (dokter konsulennya). Biasanya bisa dibicarakan soal panjang kontrak dan ijin untuk internship. Jobdesc juga tergantung dengan penelitian yang dijalankan oleh dokter tersebut

  2. Dokter, biasanya kalau tahu diterima atau tidaknya sebagai asisten setelah berapa lama apply ya dokterz kemudian biasanya yang diterima kriterianya seperti apa dokter ?

    1. Biasanya akan dihubungi apabila lowongan tersebut sudah terisi. Untuk kriteria diterima sangat tergantung dengan konsulen yang membuka lowongan magang tersebut. Yang jelas pengalaman ilmiah seperti presentasi ilmiah, atau menulis artikel ilmiah akan sangat dipertimbangkan

  3. Dok izin bertanya, saya sedang magang sebagai aspen di UI prodi PA. Saya berencana untuk dsftar ppds PA tahun ini gelombang 3 di UI, yang ingin saya tanyakan, di syarat khusus prodi PA ada tertulis harus punya pengalaman klinis minimal 6 bulan di RS/puskesmas. Apakah syarat ini bisa digantikan dengan pengalaman magang di prodi tsb? Terima kasih dok.

    1. Ini bisa ditanyakan ke sekretariatnya langsung. Tapi sejauh mimin tau di prodi lain, pengalaman magang tidak bisa menggantikan pengalaman klinis di RS/klinik/puskesmas seperti yang disyaratkan.

    2. Izin tanya dok kira” jam kerja dn biaya yg ditawarkan sebagai asisten penelitian di dep PA RSCM berapa ya dok ? Sy sedang ditawarkan jg dn berminat dok namun masih ad kerjaan jaga klinik yg blm bisa ditinggalkan

      1. Jam kerja standar jam kerja kantoran, 5 hari kerja, dan gaji juga standar UMR. Cuma kembali lagi ke penelitian yang dikerjakan, apakah perlu overtime atau tidak. Untuk jawaban yang lebih spesifik bisa langsung menghubungi CP-nya saja.

        1. Assalamualaikum, Dokter. Mohon maaf Dok, izin bertanya. Terkait info magang dokter seperti aspen ini, biasanya dapat infonya dari mana nggeh Dok? Selain dari instagram begitu Dok, terima kasih Dokter 🙏

          1. Biasanya memang semacam closed recruitment, jadi sebaiknya kita yang aktif networking ke departemen yang kita incar. Biasanya dengan kenalan dengan aspen/konsulen di departemen tersebut, jadi kita bisa tahu kapan ada recruitment.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: