Dokter Asing di Indonesia: Untung atau Buntung?

Wacana pemerintah mendatangkan dokter asing di Indonesia kini tengah menjadi sorotan, lantaran disinyalir menjadi alasan pemberhentian Dekan FK UNAIR yang menolak wacana tersebut. Menurut Menteri Kesehatan, Budi G. Sadikin, kebijakan pemerintah mendatangkan dokter asing semata hanya untuk menyelamatkan angka kematian tinggi akibat penyakit seperti stroke dan penyakit jantung, karena kondisi negara Indonesia yang masih kekurangan dokter spesialis.

Apakah benar mendatangkan dokter asing akan berdampak baik? Nyatanya, selain membawa keuntungan, kehadiran dokter asing dapat memberikan tantangan tersendiri. Apa saja itu?

Keutungan Masuknya Dokter Asing di Indonesia

Masuknya dokter asing ke Indonesia dapat memberikan beberapa keuntungan bagi berbagai pihak, misalnya:

Peningkatan Pelayanan bagi Pasien

Pasien dapat memperoleh manfaat dari beragam pilihan layanan kesehatan dengan standar internasional. Ini bisa meningkatkan kualitas perawatan dan memberikan akses terhadap teknologi dan teknik medis terbaru.

Seperti kerja sama yang kini tengah dilakukan RSUP Adam Malik milik pemerintah dan Arab Saudi, yang mana kerja sama ini berguna untuk memberikan operasi bagi anak-anak yang mempunyai penyakit jantung bawaan di Medan.

Dari Segi Sistem Kesehatan

Kehadiran dokter asing dapat membantu mengatasi kekurangan tenaga medis di daerah-daerah terpencil atau kurang berkembang di Indonesia. Selain itu, dokter asing dapat membawa pengetahuan dan praktik terbaik dari negara asal mereka, yang dapat meningkatkan standar pelayanan kesehatan secara keseluruhan.

Baca juga  Mengapa memilih residensi di luar negeri?

Transfer Ilmu bagi Dokter Lokal

Dokter lokal bisa mendapatkan kesempatan untuk belajar dari rekan-rekan mereka yang berasal dari luar negeri melalui kolaborasi dan pelatihan, tanpa mereka harus meninggalkan pekerjaan mereka di tanah air. Ini bisa menjadi kesempatan untuk peningkatan profesionalisme dan kemampuan medis mereka.

Transfer Ilmu di Tingkat Institusi Pendidikan dan Rumah Sakit

Institusi pendidikan kedokteran dan rumah sakit dapat memperoleh manfaat dari kehadiran dokter asing melalui pertukaran ilmu pengetahuan dan teknologi, serta melalui kerjasama dalam penelitian dan pengembangan.

Ekonomi

Masuknya dokter asing dapat mendukung sektor pariwisata medis (medical tourism), di mana pasien dari luar negeri datang ke Indonesia untuk mendapatkan perawatan medis. Ini dapat meningkatkan pendapatan negara dari sektor pariwisata dan layanan kesehatan.

    Tantangan dari Kehadiran Dokter Asing di Indonesia

    Meskipun ada beberpa poin keuntungan dari hadirnya dokter asing di Indonesia, penting juga untuk mempertimbangkan potensi tantangan yang mungkin timbul.

    Persaingan dengan Dokter Lokal

    Meskipun dalam pernyataannya Menkes Budi menyatakan bahwa kehadiran dokter asing bukan untuk “saing-saingan”, tetapi kehadiran mereka dapat menciptakan persaingan yang lebih ketat bagi dokter lokal. Ini bisa berdampak pada pendapatan dan peluang kerja bagi dokter Indonesia, terutama jika dokter asing dianggap lebih kompeten atau berpengalaman, mengingat sebagian masyarakat masih berpikir demikian.

    Sebaiknya ada jaminan yang jelas terhadap dokter lokal, terutama sehubungan dengan kesejahteraan dokter lokal yang masih menjadi masalah yang belum terselesaikan.

    Standar dan Regulasi

    Dokter asing mungkin perlu menyesuaikan diri dengan standar medis, regulasi, dan prosedur administrasi yang berlaku di Indonesia. Ini termasuk izin praktik, persyaratan sertifikasi, dan penyesuaian terhadap peraturan kesehatan setempat.

    Standar dan regulasi yang ketat terhadap dokter asing sudah diterapkan di negara-negara maju seperti di Amerika, Eropa, dan di Asia seperti di Jepang. Sebelum membuka kesempatan bagi dokter asing, standar dan regulasi yang matang harus disiapkan dan diuji terlebih dahulu.

    Baca juga  Nusantara Sehat 2021 Periode I sudah mulai dibuka lagi!

    Perbedaan Budaya dan Bahasa

    Perbedaan budaya dan bahasa dapat menjadi hambatan dalam komunikasi antara dokter asing dan pasien, serta antara dokter asing dan rekan-rekan medis lokal. Hal ini dapat mempengaruhi kualitas layanan kesehatan dan kolaborasi tim medis.

    Sebelum mendatangkan dokter asing, pemerintah perlu membuat aturan tegas yang menempatkan bahasa Indonesia dan budaya Indonesia sebagai titik terpenting yang harus dikuasai oleh dokter asing, seperti aturan yang diterapkan di negara-negara lain.

    Adaptasi terhadap Sistem Kesehatan Lokal

    Dokter asing mungkin perlu waktu untuk beradaptasi dengan sistem kesehatan yang berbeda di Indonesia, termasuk tata kelola rumah sakit, peralatan medis yang tersedia, dan praktik klinis yang berlaku. Regulasi yang ada harus tegas mengatur standar adaptasi dokter asing tersebut dalam sistem kesehatan lokal, dan tidak semerta-merta mendatangkan dokter asing untuk bekerja langsung, di luar pekerjaannya sebagai sarana konsultasi dan diskusi.

    Masalah Legal dan Etika

    Pandangan terhadap legalitas dan etika bisa berbeda antara satu negara dan negara lain. Jika Indonesia mau mendatangkan dokter asing, perlu penekanan bahwa dokter asing tersebut harus mematuhi hukum dan etika medis yang berlaku di Indonesia. Pelanggaran terhadap hukum atau etika dapat menimbulkan masalah serius, termasuk tuntutan hukum dan pencabutan izin praktik.

    Kesimpulan

      Mendatangkan dokter asing bisa memberikan keuntungan baik bagi masyarakat maupun dalam lingkungan medis. Namun pemerintah harus bisa memberikan regulasi yang tegas untuk mengatasi tantangan-tantangan yang ada. Terlebih lagi, penting bagi pemerintah dan institusi medis untuk memiliki kebijakan yang jelas dan mendukung integrasi dokter asing secara efektif, sambil melindungi kepentingan dokter lokal dan memastikan kualitas layanan kesehatan tetap tinggi.

      Leave a Reply