10 Negara dengan Gaji Dokter Tertinggi

Dokter memang dikenal sebagai profesi dengan resiko tinggi dan gaji yang tinggi. Apalagi di beberapa negara di dunia, gaji dokter bisa dibilang sangat tinggi. Terlebih lagi jika kamu adalah dokter dari 10 negara dengan gaji dokter tertinggi ini!

Kalau kamu berpikir Amerika sebagai negara nomor satu dengan gaji dokter tertinggi, itu salah! Sebab ada dua negara lain yang lebih “surga” lagi gajinya. Mana saja?

Luxembourg

Siapa yang menyangka negara terkecil di area barat Eropa ini ternyata memiliki penghargaan yang tinggi terhadap dokter.

Negara yang berbatasan dengan Belgia, Perancis, dan Jerman ini memiliki populasi yang cukup sedikit, hanya sekitar 600.000 jiwa saja. Namun, menurut The Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) Amerika, dokter di Luxembourg menerima gaji setidaknya $357,300 per tahun.

Seorang general practitioner (GP) di negara tersebut menerima $278,900 per tahun, sementara spesialis menerima $352,300 per tahun.

Namun, karena negara yang kecil dan populasi yang sedikit, persaingan menjadi dokter di negara tersebut terbilang sangat ketat.

Belanda

Bahkan para dokter pendahulu di negara kita juga merupakan didikan Belanda, tidak mengherankan jika dokter sangat dihargai di negara tersebut.

Apalagi, di layanan kesehatan di Belanda terkenal sebagai salah satu layanan kesehatan terbaik di dunia. Tidak mengherankan jika dokter spesialis di negara tersebut menerima sekitar $253,000 per tahun, dan GP menerima $117,000 per tahun.

Selain itu, negara ini terkenal memiliki fasilitas yang baik untuk para dokter, termasuk jam kerja yang pendek dan liburan yang cukup.

Amerika

Di Amerika, rata-rata dokter menerima gaji sekitar $299,000 per tahun. Dokter layanan primer setidaknya menerima $223,000 per tahun, sedangkan dokter spesialis menerima setidaknya $329,000 per tahun.

Baca juga  Tantangan menjadi dosen: Dari inovasi mengajar hingga prestasi

Dokter di Amerika juga memiliki kebebasan untuk mengembangkan keilmuannya, hanya saja, beban kerja di Amerika terbilang lebih berat ketimbang di Belanda.

Apalagi, untuk bisa bekerja di Amerika, dibutuhkan proses yang cukup panjang, termasuk mengikuti ujian USMLE yang memiliki 3 tahapan yang cukup berat.

Australia

Di negara kangguru ini, dokter spesialis dapat menerima sekitar $247,000 per tahun, sementara GP menerima $91,000 per tahun.

Selain gaji yang tinggi, dokter di negara ini juga dapat memperoleh fasilitas lain seperti support untuk pengembangan pendidikan bagi para dokternya.

Sama dengan negara persemakmuran Inggris lainnya, dokter yang ingin bekerja di negara ini harus memiliki kualifikasi yang setara dengan dokter-dokter di Inggris dan negara persemakmuran lain, contohnya Singapura.

New Zealand

Tidak ada laporan yang akurat menunjukkan besaran gaji yang diterima dokter spesialis maupun GP, tetapi setidaknya dokter spesialis dapat menerima gaji $138,000 per tahun.

Swiss

Di negara ini, perbedaan pendapatan antara dokter spesialis dan GP tidak terlalu jauh, sekitar $130,000 per tahun untuk spesialis dan $116,000 per tahun untuk GP.

Negara ini juga sangat mengedepankan layanan kesehatan, sehingga kesejahteraan dokter sangat diperhatikan.

Namun, jika ingin bekerja di negara ini, kita harus menguasai setidaknya 3 bahasa: Italia, Jerman, dan Perancis. Sebab pasien bisa datang dari mana saja dari ketiga negara tersebut.

Belgia

Meski dokter spesialis menerima gaji $188,000 per tahun, GP hanya menerima $61,000 per tahun!

Ditambah lagi, besaran pajak yang begitu tinggi dan jam kerja yang tinggi di Belgia, membuat para GP di Belgia harus berupaya keras untuk dapat hidup layak.

Inggris

Inggris merupakan salah satu negara favorit bagi para dokter migran di Eropa. Sebab, negara ini memberikan gaji yang cukup menjanjikan dengan berbagai benefit lain seperti lingkungan bekerja yang sehat, asuransi kesehatan dan asuransi jiwa, dana pensiun, hingga jam kerja yang fleksibel.

Baca juga  Lika-liku PPDS jalur PNS: Seperti apa?

Seorang GP di UK menerima gaji rata-rata $85,250 per tahun, sementara spesialis mendapat $174,068 per tahun.

Menariknya lagi, dokter di UK juga bisa mencari tambahan pemasukan dari locums (menggantikan dokter lain) dan praktik pribadi.

Sama dengan di Amerika, tidak sedikit warga negara Indonesia yang kemudian bekerja di negara ini.

Kanada

Di Kanada, dokter spesialis menerima sekitar $161,000 per tahun dan GP menerima sekitar $107,000 per tahun.

Meskipun gaji tersebut tergolong besar, namun banyak dokter di Kanada yang lebih memilih untuk migrasi ke Amerika, karena negara tersebut menawarkan gaji yang jauh lebih besar.

Sehingga negara ini sering kali mengalami kekurangan dokter, dan membuka peluang lebar untuk dokter asing bekerja di sana.

Padahal, dokter di Kanada sangat didukung oleh pemerintah setempat dengan berbagai benefit seperti asuransi kesehatan dan asuransi malpraktik, serta ijin sakit, liburan, dan cuti yang cukup. 

Irlandia

Rata-rata dokter spesialis di Irlandia menerima $143,000 per tahun, sementara GP menerima $90,000 per tahun.

Menariknya, di negara ini, dokter spesialis dapat menaikkan biaya periksa mereka jika pasien melakukan konsultasi lebih lama dari 15 menit. Akhirnya, banyak dokter spesialis di sana yang mendapatkan gaji diatas rata-rata.

Kesimpulan

Dokter Indonesia tidak hanya bisa berkarya di dalam negeri saja. Sudah banyak contoh dokter-dokter WNI yang kemudian bekerja di luar negeri.

Untuk mereka yang ingin tantangan lebih, bekerja sebagai dokter di luar negeri tidak hanya menghadirkan tantangan, tapi juga mendatangkan keuntungan yang setimpal, beberapa diantaranya bahkan memberikan gaji dokter tertinggi di dunia.

Jadi, why not?

Source:
https://wakawakadoctor.com/15-countries-in-urgent-need-of-medical-practitioners/
https://medvocation.com/en/blog/10-highest-paying-countries-for-doctors/4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: